Pulau Lengkuas, Bangka Belitung

Share Button

 

 

 

 

 

 

 

 

Pulau Lengkuas merupakan salah satu objek wisata yang paling menarik di Kepulauan Bangka Belitung. Pulau ini termasuk satu dari ratusan pulau yang mengelilingi Pulau Belitung.

Daya tarik utama di pulau ini adalah sebuah mercusuar tua yang telah dibangun oleh pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1882. Sampai saat ini mercusuar tersebut masih berfungsi sangat baik sebagai penuntun lalu lintas kapal yang terlewati atau keluar masuk Pulau Belitung.

Hanya ada tiga orang yang tinggal di Pulau Lengkuas ini. Mereka adalah operator dari Mercusuar, mereka sangat ramah kepada setiap wisatawan. Persediaan air di pulau ini sangatlah terbatas.

Tempat ini terasa sangat rilex, anginnya bertiup sangat segar, dan anda pun juga bisa berjemur dan beristirahat di atas pasir putih yang mengelilingi pulau di bawah lindungan pohon-pohon kelapa yg ada di sekitarnya.

Secara geografis, Pulau Lengkuas ini berada di sebelah utara Pantai Tanjung Kelayang, Belitung. Keindahan panoramanya dihiasi dengan banyaknya batu granit yang unik, pasir putihnya dan air laut yang jernih menjadikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung di Pulau ini sendiri.

Pulau ini bisa dikelilingi dalam waktu kurang lebih 20 menit bisa menggunakan perahu sewaan dari Tanjung Binga maupun Tanjung Kelayang. Lama perjalanan dari pantai di Belitung ke Lengkuas hanya sekitar 30-45menit. Perahu sewaannya sendiri bisa memuat penumpang sekitar 30-40orang, perahunya cukup baik yang biasanya digunakan untuk mencari ikan pada malam hari.

Saat yang paling tepat untuk mengunjungi Pulau Lengkuas sendiri adalah sekitar bulan Maret sampai bulan November. Selama masa ini ombak laut cenderung lebih tenang, sehingga anda juga bisa menikmati perjalanan dengan perahu, snorkeling dan berenang di perairan yang sangat jernih.

Biar ngga ribet mengunjungi pulau ini, anda dapat memakai paket tour Belitung. Anda tinggal duduk manis tanpa perlu bingung segala hal yg lain. Anda juga bisa mengunjungi pulau lainnya yang ngga kalah indahnya.

Fasilitas di Pulau Lengkuas terbilang cukup lengkap, mulai dari kamar mandi, tempat parker, tempat menjual makanan ataupun minuman sampai penjual souvenir khan daerah Belitung sendiri.

Jika anda berasal dari luar Kota Belitung, anda sebaiknya membawa peralatan tenda dengan mendapat ijin dari petugas penjaga mercusuar. Karena penginapan warga-warga atau resort hanya ada di Kota Belitung. Namun jika anda menginginkan penginapan yang lebih berkelas, anda bisa menginap di hotel-hotel dari yang type melati sampai yang berbintang, seperti :

Referensi :

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Lengkuas
  • https://www.belitungisland.com/index.php?bahasa=id&id_dest=29
Share Button
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *