Pulau Merah, Banyuwangi: Surga Para Surfer

Share Button

Pulau merah 10Satu lagi pesona di Banyuwangi. Jika sebelumnya kita membahas mengenai Green Bay, teluk yang tersembunyi, kini kita akan membahas mengenai Pulau Merah yang pesonanya akan membuat kita berdecak kagum. Pulau Merah merupakan pantai yang terletak di Kecamatan Pesanggaran. Pulau ini terkenal karena terdapat sebuah bukit kecil setinggi 200 m yang menyerupai pegunungan di tengah pantai. Selain itu pantai ini juga memiliki tanah dan pasir yang berwarna merah yang membuat pantai ini menjadi begitu indah. Tak hanya itu, pulau merah juga memiliki pura yang bernama pura Tawang Alun dan sering digunakan masyarakat Hindu untuk melaksanakan upacara Mekiyis. Pura ini telah ada sejak tahun 1980 dan cocok untuk masuk dalam daftar tour Banyuwangi anda.

pura segara tawangalunPantai ini aslinya bernama Pantai Ringin Pitu yang kemudian berganti nama manjadi Pulau Merah. Beberapa versi cerita muncul terkait hal tersebut. Sebagian orang mengatakan nama pulau merah diambil karena bukit ditengah pantai tersebut memiliki warna tanah dan pasir berwarna merah. Namun ada juga yang menyebutkan bahwa dari Pulau Merah dahulunya pernah terpancar cahaya merah sehingga warga sekitar menamainya Pulau Merah.

Di tahun 1990-an kawasan Pulau Merah diterjang tsunami hingga rusak parah. Jalan berbatu dan melintasi kawasan perkebunan coklat dan karet milik PTPN XII merupakan akses jalan menuju Pantai Pulau Merah. Kemudian oleh Bupati Abdulloh Azwar Anas melakukan perbaikan akses dan pengembangan di pantai tersebut. Dan akhirnya pada akhir 2012 lalu, Pemkab Banyuwangi memperkenalkan Pantai Pulau Merah ke dunia internasional melalui penyelenggaraan ajang lomba balap sepeda “Banyuwangi Tour de Ijen“.PM

Pantai Pulau Merah memiliki kelebihan dibandingkan G-land yakni, tidak memiliki banyak batu karang seperti di Plengkung sehingga bagi peselancar pemula Pantai Pulau Merah lebih aman. Dasar laut pantai pulau merah hanyalah pasir putih yang lembut. Ombak di pantai ini juga mirip dengan ombakk di pantai Kuta, Bali. Hanya saja ombaknya lebih bergulung hingga setinggi dua meter dengan panjang 300 meter. Dengan ombak setinggi itu memungkinkan peselancar melakukan manuver dengan teknik tubes. Dengan ombak yang dimiliki, menjadikan Pantai Pulau merah cocok bagi peselancar pemula, amatir maupun profesional dibandingkan Pantai Plengkung atau G-Land yang hanya dapat dinikmati peselancar profesional. Dan waktu yang terbaik untuk menikmati ombak di pantai pulau merah ketika bulan April hingga September. Sayangnya dengan ombak setinggi 2 m, membuat pantai ini bukan tempat yang aman untuk berenang bagi anak-anak.peuf_20131028_679

p merah 4Karena ombaknya yang cocok bagi setiap peselancar, menjadikan pantai ini dipilih sebagai tempat berlangsungnya kompetisi selancar, Banyuwangi International Surf Competition 2013 pada tanggal 24-26 Mei 2013. Kompetisi tersebut diikuti oleh 15 negara dengan jumlah peserta 25 peserta Internasional dan 100 peserta Indonesia. Ada tiga kategori dalam kompetisi tersebut, yakni kategori lokal, nasional, dan internasional. Kompetisi tersebut dibuka oleh Menpora, Roy Suryo.

p merahBukit kecil yang ada di hadapan pantai, menjadikan pantai ini mirip pantai di Brasil. Dan bukit ini merupakan salah satu pesona yang dimiliki pantai pulau merah. Waran tanah yang merah ditutupi oleh vegetasi hijau sehingga warna aslinya tak terlalu tampak. Anda akan menemui batu karang yang memenuhi bawah bukit. Anda juga dapat melihat warna jingga kemerahan ketika matahari terbenam dari balik bukit tersebut. Dan spot inilah yang menarik bagi para fotografer karena mereka bisa memotret sunset di pantai pulau merah. Anda bisa mengunjungi bukit ini ketika pantai surut.

pulau-merah pulau-merah (1)Untuk menikmati keindahan pantai ini anda tidak perlu membayar jika berkunjung di hari biasa. Kecuali jika anda berkunjung pada hari libur. Jika anda ingin berselancar anda bisa menyewa dengan harga Rp 20.000 hingga Rp 50.000 untuk berselancar sepuasnya. Anda juga bisa berjemur karena telah disediakan tempat berjemur yang nyaman. Jika anda ingin memancing atau menyelam, anda bisa menyewa perahu tradisional. Kebersihan dan keamanan di pantai ini juga cukup terjaga karena terdapat petugas rescue dan petugas kebersihan. Untuk penginapan anda bisa memanfaatkan rumah-rumah warga atau pun ke beberapa hotel di Banyuwangi, seperti:

Refrensi:

  • http://travel.kompas.com/read/2014/06/23/1550489/Pantai.Pulau.Merah.Primadona.Pariwisata.Banyuwangi
  • http://banyuwangiapik.blogspot.com/2013/08/pesona-pantai-pulau-merah.html\
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Pantai_Pulau_Merah
  • http://www.backpackerindonesia.com/node/17747
Share Button
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *