Pulau Samosir, Beragam Wisata Pulau Di Tengah Danau

Share Button

pulau samosirTraveles tentunya uda pada tahu dong betapa menakjubkannya pemandangan di Danau Toba. Gak cuma indah tapi juga menempatkannya sebagai danau terluas di Asia Tenggara dan juga danau terdalam di dunia. Dan ternyata di Danau Toba gak cuma bisa menikmati wisata alam aja loh travelers. Kalian juga bisa berwisata budaya dan nengokin langsung setting dalam cerita Asal Mula Danau Toba. Ngomong-ngomong soal cerita rakyat tersebut, konon katanya si Samosir, anak dari Toba dan jelmaan ikan, menjelma menjadi sebuah pulau kecil yang ada di tengah danau yang bernama Pulau Samosir. Tapi kalau menurut para peneliti, Pulau Samosir terbentuk sebagai akibat dari letusan Gunung Toba beribu tahun yang lalu dan terbentu bersamaan dengan terbentuknya Danau Toba. Pulau ini muncul sebagai akibat dari tekanan magma yang belum keluar sehingga terbentulah pulau kecil di tengah Danau Toba. Nah, kalau berkunjung ke Danau Toba, jangan lupa untuk singgah juga ke Pulau Samosir ya.

jembatan tano ponggolPulau Samosir memiliki ketinggian hingga 1000 meter. Untuk menjangkaunya travelers tidak hanya bisa menggunakan perahu dari pinggir Danau Toba namun juga bisa melalui jalur darat dari Tanah Sumatera. Sebuah jembatan sepanjang 20 meter menghubungkan antara Sumatera dan Pulau Samosir. Jembatan yang ada di Pangururan ini dikenal dengan nama Jembatan Tano Ponggol dan dibangun pada masa Belanda. Di Pulau Samosir sendiri travelers bisa menjelajahi banyak hal, mulai dari budaya hingga keindahan alamnya. Masing-masing kecamatan menawarkan wisata yang berbeda dan tak kalah menarik.

batu persidanganMisalnya saja di Kecamatan Simanindo yang memiliki wisata yang begitu lengkap. Ada makam Raja Sidabutar yang merupakan penguasa Tomok dengan makamnya yang terbuat dari batu yang dipahat tanpa sambungan. Kemudian ada Museum Huta Bolon yang menyimpan sejumlah benda-benda kuno milik orang Batak. Namun yang paling terkenal adalah Batu Parsidangan yang merupakan pengadilan suku Batak dan telah ada sejak pemerintahan Raja Siallagan. Batu-batu ini telah berusia ratusan tahun dan melingkar dengan rapi. Di sinilah para terpidana hukuman mati meneima hukuman mereka. Tak kalah uniknya dan cukup menarik wisatawan dunia adalah wisata Batu Marhosa yang merupakan fenomena alma dimana batu tersebut bisa menghembuskan udara. Jangan lewatkan pula pertunjukan Sigale-gale yang cukup menarik dengan patungnya yang bisa menari.

mie gomakKemudian di Kecamatan Pangururan terdapat pemandian air panas yang berjarak 3 KM dari Kota pangururan. Kecamatan ini juga punya patung liberty loh , namanya Patung Liberty Malau untuk mengenang angkatan 45 yang berjuang demi kemerdekaan Indonesia. Di sini juga ada komunitas tenun ulos yang bisa travelers manfaatkan untuk belanja khas Batak. Yang unik di Kecamatan Onan Runggu terdapat pantai pasir putih yang meski disebut pantai namun aslinya adalah tepian Danau Toba. Banyak wisatawan mancanegara yang berjemur di sini. Kalau mau lihat pemandangan Danau Toba secara keseluruhan dari ketinggian bisa bertandang ke Menara Pandangan Tele yang ada di Kecamatan Harian Boho. Masih banyak lagi pesona yang ditawarkan Pulau Samosir yang bisa travelers kunjungi dalam paket tour Danau Toba, lengkapnya anda bisa kunjungi 1001malam aja. Kalau ke Pulau Samosir, jangan lewatkan juga untuk mencoba mie gomak yang mirip spaghetti dengan pastanya yang tebal. Wah, bisa lebih dari sehari nih buat keliling Pulau Samosir. Tapi gak masalah dong travelers karena banyak hal baru yang bisa kalian temukan di sini 😉

Refrensi:

  • http://travel.detik.com/read/2013/08/30/080149/2344840/1519/tanpa-jembatan-ini-tidak-ada-itu-pulau-samosir
  • http://sumut-expose.blogspot.co.id/2013/03/pulau-samosir-wisata-alam-yang-indah.html
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.