Pulau Sempu, Malang

Share Button

Pulau Sempu adalah salah satu objek wisata yang dibanggakan di Kota Malang. Daya tarik pulau ini adalah adanya sebuah danau alami yang berada di tengah-tengah pulaunya. Danau yang terbentuk dari ganasnya ombak air laut selatan yang masuk melalui celah tebing pembatas pulau yang berlubang dari salah satu sisi pulau.

Selain itu pasirnya juga sangat bersih dan lembut. Lokasi Pulau Sempu sendiri berada di Pantai Sendang Biru, Malang. Pulau tidak berpenduduk ini hanya terdiri dari hutan yang berbukit dan sebagian besar adalah hutan mangrove.

Memiliki sebuah danau segara anakan dan pasang surut airnya masih tetap indah. Meskipun mempunyai kedalaman sekitar 5 meter, danau ini sangat aman untuk kegiatan snorkeling ataupun hanya sekedar berenang karena pantai ini sudah terbebas dari ombak laut lepas Samudra Hindia. Snorkling di segara anakan ini memberikan nuansa tersendiri karena terumbu karangnya masih sangat alami dan belum tersentuh tangan-tangan jahil manusia.

Peralatan dan perbekalan perlengkapan perlu disiapkan seperti tenda, sleeping bag, pisau, senter, korek api, jaket ataupun bahan makanan. Karena untuk menuju Pulau Sempu sendiri dibutuhkan waktu beberapa hari dan jalur menuju lokasi juga dibutuhkan beberapa persiapan.

Di Pulau Sempu anda akan mendarat di bagian utara pulau sedangkan Segara Anakan berada di sebelah delatan dari pulau. Terdapat jalan setapak berikut petunjuk jalannya. Di sini anda akan berjalan melewati hutan dan menaiki perbukitan selama tiga sampai empat jam. Setelah sampai Segara Anakan sebaiknya anda mencari kayu bakar sebagai api unggu sebelum gelap dan membuat tenda sebagai peneduh.
Keindahan Pulau Sempu dapat anda nikmati dari pagi hingga menjelang sore. Di Segara Anakan sendiri merupakan tempat yang tepat untuk memancing, anda juga bisa bersnokling seharian mengelilingi Segara Anakan dengan pesona terumbu karang.

Anda bisa bermain bola ataupun sekedar berjemur dan idur-tiduran di atas pasir putirnya. Pulau Sempu sendiri terdapat sebuah danau yang dinamai Telaga Lele karena di dalamnya terdapat banyak jenis ikan yang dilindungi.

Dari atas karang anda bisa melihat deburan ombak di laut yang sangat indah. Ketika anda pulang dari sini, disarankan anda berangkat pagi hari ehingga sampai pada balik bukit pada tengah hari, selanjutnya menunggu jemputan perahu sesuai perjanjian dengan pemilik perahu. Dan sampailah anda di Pantai Sendang Biru dan melanjutkan perjalanan untuk pulang.

Untuk memudahkan anda mengunjungi destinasi ini dan destinasi lainnya di sekitar Malang, anda bisa ikut paket tour murah Malang yang disediakan oleh travel agent.

Jika anda kelelahan untuk langsung pulang, anda tidak usah khawatir karena di Kota Malang sendiri tersedia bnayk penginapan dari mulai kelas melati sampai penginapan yang disediakan warga setempat. Namun anda juga bisa menginap di hotel-hotel berbintang seperti:

Referensi:

  • http://apvalentine.students.uii.ac.id/pulau-sempu-alternatif-wisata-pantai-di-kala-liburan-akses-pulau-sempu-pantai-sendang-biru/
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *