Puncak Gunung Rinjani, Lombok

Share Button

Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung ini merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia yang berketinggian 3.726m dan merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya.Gunung Rinjani sendiri merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330ha. Secara administratif gunung ini berada dalam wilayah tiga Kabupaten, yaitu : Lombok Timur, Lombok Tengah, Lombok Barat. Di sebelah barat kerucut Rinjani terdapat kaldera yang memanjang ke arah timur dan barat. Di kaldera ini terdapat Segara Anak, yang diartikan anak laut/anak danau. Air yang mengalir dari danau ini membentuk air terjun yang sangat indah, melewati jurang yang curam. Di Segara Anak banyak terdapat ikan, sehingga sering digunakan untuk memancing. Bagian selatan danau ini disebut dengan Segara Endut.

Di sisi timur kaldera terdapat Gunung Baru. Rinjani memiliki panorama paling bagus di antara gunung-gunung yang lain. Suhu udara disana rata-rata sekitar 20derajat celcius. Angin kencang di puncak biasa terjadi di bulan Agustus. Hutan Gunung Rinjani termasuk hutan homogen dan heterogen pada daerah-daerah tertentu. Disana dapat kita temui jenis tumbuh-tumbuhan seperti, beringin, garu, bayur dan perkebunan penduduk yang ditanami sayur-sayuran seperti kol, cabai, bawang juga kentang. Pada ketinggian 2000-3000mdpl ke atas hanya terdapat jenis rumput-rumputan dan bungan abadi. Gunung Rinjani bisa dikatakan aman dari ancaman binatang buas. Burung,monyet yang bergelantungan dan ayam hutan yang kerap dijumpai di hutan ini

Setiap tahunnya banyak dikunjungi pecinta alam mulai dari penduduk lokal, mahasiswa pecinta alam, maupun turis mancanegara. Untuk menuju Gunung Rinjani, anda dapat menggunakan berbagai transportasi. Setelah sampai di Mataram anda menuju ke desa Sembalun atau juga bisa ke desa Senaru menggunakan kendaraan setempat.

Kebanyakan pendaki memulai pendakian dari rute Sembalun dan mengakhiri pendakian di Senaru, rute Sembalun agak panjang tetapi datar, dan cuaca lebih panas karena melalui Padang Savana yang terik. Dari rute Senaru tanjakan tanpa jeda, tetapi cuaca lembut karena melalui hutan. Dari lokasi ini membutuhkan waktu jalan kaki sekitar 7jam menuju bibir pegunungan. Dari Plawangan Senaru turun ke danau melalui dinding curam ketinggian 2.000mdpl yang bisa ditempuh 2jam. Untuk mncapai puncak(dari arah danau) harus berjalan kaki mendaki dinding sebelah barat dan menaiki pegunungan. Keseluruhan perjalanan dapat dicapai dalam program tiga hari dua malam.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 7jam, sampailah di Pelawangan(punggungan gunung) Sembalun Lawang. Lokasi yang ditumbuhi cemara gunung ini merupakan pos pendakian terakhir sebvelum menuju puncak. Pelawangan Sembalun Lawang terletak persis di lereng penyangga Danau Segara Anakan. Walhasil sembari istirahat, pendaki bisa sepuasnya menyaksikan keeksotisan danau raksasa yang terbentuk secara vulkanik akibat letusan Gunung Rinjani. Sayangnya cuaca di ketinggian ini sangat mudah berubah. Serangan kabur dingin bisa datang mendadak menggantikan cuaca panas menyengat. Tak jarang angin badai mampu merobek bahkan menerjang tenda. Namun pesona sunrise menjadi moment yang tak terlupakan seumur hidup.

Setelah melakukan penanjakan, anda bisa beristirahat sebelum pulang. Di sekitar Gunung Rinjani ini banyak beberapa penginapan atau hotel, salah satunya :

Referensi :

  • http://www.trekkingrinjani.com/trekkingrinjani.html
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Rinjani
  • http://www.sewabisdilombok.com/tour.php?name=Objek+Wisata+Lombok&id=83
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *