Rawa Pening, Semarang

Rawa Pening merupakan sebuah danau sekaligus tempat wisata air yang berada di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Luasnya 2.670ha menempati wilayah Kecamatan Ambarawa, Tuntang, Bawen dan Banyubiru. Rawa Pening sendiri terletak di cekungan terendah daerah lereng Gunung Merbabu, Gunung Urangan, dan Gunung Telomoyo.
Menurut cerita warga sekitar, Rawa Pening terbentuk dari muntahan air yang mengalir dari bekas cabutan lidi yang dilakukan Baru Klinthing. Cerita Baru Klinthing sendiri yang berubah menjadi seorang anak kecil penuh dengan luka dan berbau amis sehingga tidak diterima di kalangan masyarakat.
Banyak daya tarik yang dapat anda peroleh disini seperti wisata tirta dengan perahu tradisional, rawa yang digunakan sebagai objek pemancingan dan sarana olahraga air, objek fotografi yang mempesona, serta penghasil enceng gondok sebagai bahan kerajinan.
Bagi anda yang mempunyai hobi memotret atau fotografi, keindahan Rawa Pening sangatlah unik. Terlebih saat pagi hari menikmati sunrise yang sangat memukau. Anda dapat hunting foto juga dengan menyewa kapal yang telah disediakan biasanya pada saat para nelayan sedang aktif mencari ikan di danau yang banyak enceng gondoknya ini karena Rawa Pening sangatlah luas. Selain museum kereta di Ambarawa, anda juga bisa mengunjungi Taman Wisata Rawa Pening ini.
Danau ini pernah mengalami pendangkalan yang pesat. Di tengah tengah rawanya ditumbuhi enceng gondok yang hamper menutupi seluruh permukaan atasnya. Gulmanya sendiri juga sudah menutupi Sungai Tuntang terutamanya di bagian hulu. Usaha mengatasi spesies yang dilakukan dengan melakukan pembersihan serta pelatihan pemanfaatan enceng gondoknya sendiri dalam kerajinan.
Di sekitar danau ini sendiri pun disediakan banyak fasilitas, seperti orang berjualan makanan dan minuman, tempat peristirahatan meskipun hanya untuk duduk saja, mushola, kamar mandi, penginapan-penginapan yang disediakan warga sekitar, serta hotel-hotel yang berbintang seperti :

 

Referensi :

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Rawa_Pening
  • http://uniqpost.com/20981/menikmati-keindahan-eksotika-rawa-pening/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *