Rayakan Moment Pergantian Tahun Di Kepulauan Bira

Share Button

pulau-bira1Kepualauan Seribu memang menyimpan sejuta pesona yang mampu membuat siapa pun berdecak kagum melihatnya. Tempat ini seolah menjadi sisi mata uang bagi Jakarta, dimana pusat kota Jakarta senantiasa dipenuhi dengan hingar bingar suara kendaraan, polusi dimana-mana, dan juga gedung-gedung tinggi yang menjulang. Berbanding terbalik dengan Kepulauan Seribu yang dimana alamnya masih alami dengan udara yang sejuk dan tak banyak bangunan di sana. Kepulauan Seribu menjadi oase bagi warga Jakarta yang ingin sejenak melarikan diri dari keramain ibukota sekaligus sebagai tempat untuk mendapatkan udara segar tanpa harus jauh-jauh dari Jakarta. Kepulauan Seribu juga menjadi salah satu tempat terbaik untuk merayakan moment pergantian tahun. Salah satu pulau yang bisa dikunjungi untuk libur akhir tahun di Kepulauan Seribu adalah Pulau Bira. Pulau ini memiliki gugusan pulau lain sehingga orang juga menyebutnya Kepulauan Bira.

dermaga-pulau-biraKepulauan Bira berada tak jauh dari Pulau Harapan dan kepulauan ini termasuk salah satu pulau yang diminati wisatawan untuk berlibur. Kepulauan Bira terdiri dari tiga pulau, yakni Pulau Bira Besar, Pulau Bira Kecil, dan juga Pulau Kayu Angin Bira. Meski untuk mencapai kepulauan ini cukup lama jika dari Pelabuhan Muara Angke, nyatanya tak mengurangi minat wisatawan untuk mendatanginya. Kurang lebih waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke kepulauan ini sekitar 3 jam. Rincian perjalanannya, 1 jam perjalanan dengan menggunakan kapal dari Pelabuhan Muara Ange menuju Pulau Pramuka sebagai tempat transit. Dan dua jam berikutnya ialah perjalanan dari Pulau Pramuka menuju Kepulauan Bira dengan menggunkan perahu nelayan berkapasitas 10 hingga 15 orang. Tiga jam perjalanan untuk sampai ke Kepulauan Bira ini bisa dipersingkat jika travelers berangkat dari Pelabuhan Marina, Ancol dan menyewa speed boat. Mungkin 1-2 jam travelers sudah bisa sampai di Kepulauan Bira.

kolam-renang-di-biraKealamian dan keasrian pemandangan yang ditawarkan Kepulauan Bira menjadi alasan utama wisatawan untuk menempuh jarak jauh ini. Perjalanan pertama travelers di Kepulauan Bira diawali dari Pulau Bira Besar. Pulau yang ini memang memungkinkan untuk disinggahi oleh kapal besar karena memilki fasilitas dermaga yang memadai. Keindahan Pulau Bira Besar akan menyambut travelers untuk pertama kali begitu turun dari kapal. Bahkan dua pulau lainnya, yakni Pulau Bira Kecil dan Pulau Kayu Angin Bira juga bisa terlihat dari dermaga ini. Pada awalnya Pulau Bira Besar merupakn pulau pribadi seseorang. Karenanya tidak hanya dermaga besar ini saja yang bisa menjadi tempat kapal bersandar, namun ada juga dermaga lainnya yang berada di belakang pulau yang menjadi tempat kapal-kapal yang ingin sekedar berkeliling maupun wisatawan yang akan menyelam. Di dalam pulau juga bisa ditemukan bekas resort yang kini terbengkalai dengan lapangan golf yang memiliki 9 holes. Namun kemudian pulau ini diambil alih oleh Pemprov DKI sehingga resort yang terbilang mewah itupun tak terurus. Kolam renangnnya juga tak dirawat dan padang golfnya kini menjadi padang ilalang.

bira-besarMeski demikian Pemprov DKI menyediakan rumah-rumah kayu yang bisa travelers manfaatkan untuk menginap. Rumah-rumah tersebut berisi dua kamar tidur dengan kamar mandi dalam. Cukup mewah sih ditengah pulau yang tak berpenghuni tersebut. Dengan ketenangan yang ditawarkan Pulau Bira, travelers bisa merefleksi diri untuk menyambut tahun 2016 menjadi tahun yang lebih baik. Pikirna yang penat dan stress bisa hilang lantaran keasrian dan kesejukan alam yang ditawarkan Pulau Bira. Travelers bisa menjelajahi pulai ini dimana disepanjang bibir pantainya terhampar pasir putih yang lembut. Air lautnya yang berwarna hijau kebiruan dan cukup jernih merayu-rayu untuk segera dinikmati. Dengan garis pantainya yang jauh dari laut, membuat berenang di pulau ini menjadi cukup nyaman dan aman.

pulau-biraKepulauan Bira juga menawarkan kehidupan bawah laut yang sayang untuk dilewatkan. Travelers bisa melakukan snorkeling maupun diving untuk bisa menikmatinya. Ada sejumlah titik penyelaman yang bisa dijelajahi dan tentunya menawarkan pemandangan yang begitu mengagumkan dengan ikan dan terumbu karang warna-warni. Pulau Bira juga kerap disinggahi sejumlah lumba-lumba di pagi hari, yang tentunya semakin menambah daya tarik pulau ini. Di malam hari travelers pun bisa berpesta kembang api untuk menyambut pergantian tahun. Tapi tentunya sambil tetap menjaga kelestarian lingkungannya ya

Share Button
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *