Rayakan Pergantian Tahun Di Pulau Bidadari

Share Button

pulau bidadariKeindahan Kepulauan Seribu memang sudah tak diragukan lagi. Gugusan pulau di kepulauan ini menawarkan sejutan keindahan di dekat kemegahan Jakarta. Salah satu pulau yang patut anda kunjungi di kepulauan ini adalah Pulau Bidadari. Selain menawarkan alamnya yang indah, pulau ini juga akan mengajak anda belajar sejarah dari banyaknya peninggalan sejarah yang bisa anda temukan di sini. Karena letaknya yang dekat dengan Jakarta maka anda hanya membutuhkan waktu setengah jam dari dermaga marina Taman Impian Jaya Ancol. Anda bisa menggunakan speedboat atau jet ski untuk ke pantai ini. Pulau Bidadari terletak di antara gugusan Pulau Onrust, Pulau Khayangan, Pulau Kelor, dan Pulau Ayer. Pulau ini masih dalam kawasan Kelurahan Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu.

bidadari_12Pulau bidadari menyimpan banyak cerita tentang Batavia. Karena letaknya yang berdekatan dengan Pulau Onrust  maka pulau ini pernah digunakan sebagai penunjang aktivitas di pulau tersebut pada abad ke-17. Selain itu di pulau ini juga pernah dibangun rumah sakit lepra atau kusta oleh VOC pada tahun 1679. Rumah sakit ini merupakan pindahan dari rumah sakit Angke. Dan karenanya pulau ini juga pernah disebut sebagai pulau sakit. Di tahun yang sama, Belanda juga membangun benteng pengawas di pulau ini. Benteng tersebut berfungsi sebagai sarana pengawasan dan upaya pertahanan dari serangan musuh. Pulau ini juga sempat ditinggali oleh orang Ambon sebelum akhirnya dikuasai Belanda.

pulau_bidadariKemudian pada tahun 1800, benteng dan seluruh bangunan di pulau Bidadari dihancurkan oleh armada laut Britania Raya. Tapi tiga tahun kemudian, Belanda kembali menguasai dan mendirikan bangunan kembali di pulau Bidadari. Namun Britania kembali menyerang pulau onrust atau pulau bidadari tersebut pada tahun 1806. Tapi lagi-lagi Belanda bisa merebutnya dan dibangunlah asrama haji dengan pekerja orang Tionghoa dan para tahanan. Bangunan ini hanya berfungsi sampai 1933 dan kemudian kosong, tak ada yang menghuni. Baru pada tahun 1970 pulau ini dikelola oleh PT Seabreez menjadi resort wisata dan berganti nama menjadi Pulau Bidadari.

meriamPeninggalan sejarah yang masih bisa anda saksikan di pulau ini adalah benteng atau menara pengawas dengan bentuk bundar berdiameter 23 meter dan tebal dinding 2,50 meter. Terdapat sebuah dinding lingkaran di tengah benteng yang berfungsi sebagai tempat menampung air bersih guna keperluan minum dan memasak tentara penjaga kala itu. Benteng ini kemungkinan bertingkat dua karena ditemukan lubang-lubang penyangga balok lantai. Ada tujuh ruangan di lantai dua yang diperkirakan sebagai ruangan tidur, ruang mengintai dan ruang amunisi. Anda juga bisa melihat meriam di benteng ini.

bidadari island-1 (2)Pantai pulau bidadari cukup indah dengan pasirnya yang putih dan air lautnya yang jernih. Beberapa tanaman langka dan hutan mangrove cukup terawat dengan baik di sini. Anda bisa menemukan pohon Baringtonia exelsa atau pohon perdamain, pohon sentigi, pohon kepuh, pohon glodokan, pohon kayu hitam, dan beberapa tanaman buah. Beberapa aktivitas pantai yang bisa anda lakukan di pantai ini mulai dari jetski, banana boat, kano, hingga memancing. Anda juga bisa berjemur atau mengikuti outbond yang disediakan cottage. Anda juga bisa menyaksikan matahari terbenam di beberapa titik di pulau ini. Dengan keindahan yang ditawarkan, maka tak mengherankan jika pulau ini juga dipilih sebagai lokasi foto pre wedding.Kepulauan Seribu

Pulau Bidadari juga sebagai tempat penangkaran ikan lumba-lumba. Anda sekeluarga bisa bersenang-senang dengan beberapa ekor lumba-lumba di sini. Ada pula fasilitas terapi bagi anak autis dengan berinteraksi bersama lumba-lumba. Cukup dengan Rp150.000 per setengah jam, dua ekor lumba-lumba, Yossy dan Nia akan mengajak anak Anda berenang bersama dengan aman.

bidadari island-1 (13)Pulau bidadari memiliki resort di atas laut yang terkenal sebagai cottage apung yang mirip dengan perkampungan nelayan. Ada pula cottage di darat dengan model panggung ala rumah adat Minahasa dan model bukan panggung. Untuk kuliner anda bisa mencoba aneka seafood seperti sup kepala ikan, sup rajungan, kerang hijau, baby stingray, dan lainnya.

Karena tak jauh dari Jakarta, maka banyak pengunjung yang hanya bersafari dalam sehari. Oleh karenanya tak ada hotel di pulau ini. Anda bisa menginap di hotel di Jakarta seperti:

286075_island-day-2015_663_382Jadi tunggu apalagi. Rayakan pergantian tahun dengan suasana pantai di Pulau Bidadari. Apalagi Angel Waves Indonesia akan mengadakan acara Island Day sejak pukul 01.00 siang. Selain menikmati keindahan pulau anda juga bisa melakukan booth tato dan body painting yang disediakan. Dan pada malam harinya anda akan dihibur dengan DJ ternama dari Jakarta seperti DJ Toto, DJ Dalila, dan penampilan spesial dari DJ Romy 1945.

Refrensi:

  • http://life.viva.co.id/news/read/570784-island-day–rayakan-tahun-baru-dengan-suasana-pantai
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Bidadari,_Jakarta
  • http://www.indonesia.travel/id/destination/727/pulau-bidadari
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *