Singgah Sejenak Di Goa Batu Cermin saat Di Labuan Bajo

Share Button

batu cerminSaat Indonesia lagi dikepung asap kayak gini travelers, paling enak emang liburan ke daerah bagian timur aja. Terutama di kawasan Nusa Tenggara Timur yang menjadi salah satu dari sedikit daerah di Indonesia yang bebas dari kepungan kabut asap. Jadi buat rencana akhir pekan nanti mending ikutan aja paket tour Flores. Dijamin travelers bakal dibuat terpesona dengan keindahan alamnya yang menakjubkan. Dan ada banyak keajaiban yang bisa travelers dapatkan di sini. Salah satunya binatang purba yang masih bisa disaksikan hingga saat ini dan hanya di sini, apalagi kalau bukan komodo. Bahkan pesona dari alam Flores ini sudah nampak dari pelabuhannya, Labuan Bajo yang menghubungkan dengan bagian lain di Pulau Flores. Di sini travelers sudah bisa menikmati keindahan alam Flores, mulai dari hutan, pegunungan, dan terutama alam bawah lautnya yang siap-siap dibuat jatuh cinta. Tapi sebelum melangkah dari Labuan Bajo, terlebih dahulu travelers harus singgah ke tempat yang satu ini. Namanya Goa Batu Cermin dan goa ini memiliki nilai sejarah yang penting banget buat kehidupan di Flores.goa batu cermin

akses ke batu cerminGoa Batu Cermin berjarak gak terlalu jauh kok dari Labuan, cuma 4 km. Kalau pakek motor sih kurang lebih cuma butuh waktu 30 menitan aja buat sampai di Labuan Bajo. Uda deket sama Labuan Bajo wisata ke Goa Batu Cermin juga murah abis. Travelers cuma perlu merogoh kocek Rp 30.000 aja, itu  uda termasuk tiket masuk dan biaya guide. Tapi kalau ikutan paket tour Flores semuanya uda tercover dalam satu biaya yang murah dan tetep nyaman serta lengkap, mulai dari transportasi, biaya tiket masuk, guide, akomodasi, sampai peralatan snorkeling. Jadi gak perlu repotkan buat berwisata di Flores. Meski banyak kemudahan yang bisa travelers dapatkan dari paket tour ini, tetap ada sisi petualangan yang tetap menantang buat kalian. Dari tempat parkir, travelers perlu buat jalan kaki selama 10-15 menit untuk mencapai mulut goa. Di musim penghujan nanti akses jalan setapak ini bisa menjadi sangat licin, jadi perlu buat berhati-hati ya. Tapi tenang aja, petualangan travelers bakal lebih seru dengan ditemani sejumlah penghuni hutan khas Indonesia timur macam babi hutan, burung-burung cantik nan eksotis, dan kera ekor panjang yang asik bergelantungan dari pohon ke pohon.

fosil di goa batu cerminKita harus berterima kasih nih kepada salah satu arkeolog Belanda yang juga menjadi pastor di tahun 1951, Theodore Verhoven, yang sudah menemukan goa ini. Melalui penelitian yang ia lakukan kita bisa tahu bahwa goa ini termasuk salah satu fenomena permukaan laut yang terangkat ke daratan. Goa ini juga membutikan bahwa dahulunya kawasan Flores adalah kawasan bawah laut. Goa setinggi 75 meter ini memiliki luas mencapai 19 hektar dengan panjang hingga 200 meter. Kalau mau tahu asal muasal nama Batu Cermin pada goa ini, travelers harus datang pada siang hari. Karena saat itu travelers bisa menyaksikan sebuah fenomena yan begitu menarik dimana cahaya matahari yang masuk ke celah bebatuan memberikan kesan mengkilap layaknya cermin. Fenomena ini di dapatkan dari partikel garam yang terkandung dalam bebatuan sehingga membuatnya nampak berkilau kala terkena cahaya. Fenomena ini bisa travelers dapatkan di kedalaman 20 meter yang ada di area sempit di goa. Nah, kala musim penghujna, genangan air yang masuk ke dalam goa juga bisa dijadikan cemin karena kejenihannya sehingga nampak bercahaya.

goa-batu-cermin1Banyaknya stalaktit dan stalakmit yang dimiliki Goa Batu Cermin membuat pengunjung yang masuk ke goa ini dibatasi hanya 10 orang saja dalma satu group. Masing-masing group akan menempuh tour selama 30 menit. Hal ini dilakukan karena udara di dalam goa cukup lembab lantaran sedikit cahaya matahari yang masuk dan ruang yang sempit karena dipenuhi stalaktit dan stalakmit. Siap-sipa dibuat takjub dengan pemandangan yang ada di dinding goa dimana nampak pemandangan sejumlah fosil dari biota laut, seperti kerang, kura-kura, dan juga penyu yang terpampang dengan jelas. Travelers bisa mendapatkan pembelajaran mengenai kehidupan masa purba di sini. Kala berkunjung ke dalam Goa Batu Cermin, ada hal yang harus travelers perhatikan. Salah satunya adalah untuk tidak menyentuh stalaktit dan stalakmit yang ada di sana. Bukan saja akan membuat pertumbuhan mereka terhenti namun juga bisa membuat partikel garam mereka menghilang sehingga tampilan stalaktit dan stalakmit tersebut tak lagi berkilau. Kalau sudah tak berkilau mana bisa disebut dengan Goa Batu Cermin.

batu maria di goa cerminDi salah satu bebatuan yang ada di dalam Goa Batu Cermin terdapat sebuah batu yang begitu mirip dengan patung Bunda Maria. Karenanya batu tersebut dikenal juga dengan nama Batu Bunda Maria. Kala sinar matahari menyinari dari belakangnya, membuat tampilan batu ini begitu menakjubkan. Sejumlah penghuni goa seperti kelelawar, laba-laba, dan juga jangkrik akan menyapa travelers selama di sini. Jadi gimana travelers, cukup menakjubkan bukan? Tertarik untuk berkunjung? Uda gak usah pikir lama, segera packing dan booking paket tour Flores dari sekarang.

Refrensi:

Goa Batu Cermin, Keindahan Lain Di Labuan Bajo

Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *