Situ Bagendit, Garut

Di Kota Garut terdapat objek wisata yang sangat terkenal yaitu Situ Bagendit. Merupakan telaga alami yang terbentuk karena proses alam beratusan tahun yang lalu. Telaga ini tidak hanya dikenal karena keindahan alamnya tetapi juga legenda yang melingkupinya. Menurut cerita masyarakat setempat pada jaman dahulu situ ini merupakan perkampungan dengan alamnya yang sangat subur, tetapi anehnya meskipun daerahnya sangat subur, penduduknya hidup dalam kemiskinan. Hal ini dikarenakan adanya janda kikir yang bernama Bagende Endit. Janda ini memaksa penduduk untuk menjual seluruh hasil panen mereka dengan harga yang murah namun setelah persediaan makan penduduk sudah menipis, Endit sendiri menjualnya dengan harga yang berlipat-lipat mahalnya. Pada suatu hari datanglah pengemis tua yang meminta makanan kepada Endit, namun Endit sendiri memukul pengemis tua tresebut dengan tongkat dan mengusirnya. Sambil menahan rasa sakit, pengemis tersebut mengambil tongkat tersebut dan menancapkannya ke dalam tanah. Saat tongkat di cabut, menyemburlah air yang semakin besar sehingga menenggelamkan Endit dan seluruh hartanya. Genangan air tersebut semakin luas sehingga di kenal dengan Situ Bagendit.

Situ Bagendit sudah dikenal sejak jaman Belanda. Jalan aspalnya yang mulus dan jaraknya yang dekat dengan pusat Kota Garut menambah nilai telaga ini dibandingkan objek wisata lainnya. Dengan dikelilingi persawahan dan perkampungan penduduk dengan latar belakang gunung yang menjulang tinggi dengan berselimutkan awan tipis. Dari kejauhan tampak beberapa rakit bambu dengan atap warna-warni yang penuh dengan wisatawan yang mengitari telaga. Jika anda tertarik, anda tinggal menyewanya saja. Tidak hanya itu, ada juga jasa penyewaan becak air berbentuk angsa, perahu kecil, dan kano. Selain mengarungi telaga, disini juga diperbolehkan untuk memancing. Anda juga dapat mengajak sanak saudara untuk naik kereta mini khususnya untuk anak-anak. Setiap tahunnya kawasan ini selalu diselenggarakan pesta rakyat Garut yaitu Festival Begendit. Di dalam festival ini terdapat beberapa pertunjukan baik tradisional maupun modern. Tak hanya pertunjukan, berbagai macam perlombaan juga dilaksanakan untuk memeriahkan festival ini.

Objek wisata ini tepatnya terletak di Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut. Jaraknya sekitar 6km dari pusat kota yang dapat ditempuh menggunakan kendaraan umum ataupun pribadi. Untuk meningkatan jumlah pengunjung yang datang, kawasan ini dilengkapi dengan sejumlah sarana dan prasarana seperti mushola, toilet umum, kios-kios pedagang, tempat parkir, kolam renang dan tempat bermain untuk berteduh. Banyak pula terdapat beberapa penginapan bahkan hotel berbintang seperti:

Referensi:

  • http://www.wisatamelayu.com/id/tour/986-Situ-Bagendit/navgeo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *