Taman Air Mayura, Lombok

Share Button

Jika anda berlibur ke Pulau Lombok, rasanya tidak lengkap jika anda tidak mengunjungi Taman Air Mayura. Taman Mayura adalah perpaduan unik dan khas dari konsep taman, kolam, serta tempat peribadahan. 

Bangunan yang masih kental dengan corak Bali, Jawa, dan Lombok ini dibangun sekitar tahun 1744M yang awalnya bernama Taman Istana Kelepug, diambil dari suara yang muncul kelepug-kelepug karena derasnya air yang keluar dari mata air di tengah kolam dalam taman tersebut.

Namun kata Mayura sendiri berasal dari bahasa sansekerta yang berarti burung merak. Konon pada jaman dahulu banyak ular berkeliaran di taman istana sehingga mengganggu aktivitas kerajaan dan beberapa nasehat pun menyarankan agar di sekitar taman dipelihara burung merak yang suka memangsa ular sehingga istana akan menjadi nyaman. Karena letaknya yang strategis sehingga lokasi ini banyak dikungjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Bangunan ini menawarkan perpaduan suasana alam antara religious dan sejarah. Ketika anda memasuki lokasi ini kesan pertama yang muncul adalah kesan bangunan taman yang mampu memberikan kesan kedamaian natural.

Istana ini dilengkapi dengan kolam yang ditata sedemikian rupa hingga tampak bagaikan taman yang sangat asri. Di tengah kolam terdiri bangunan yang disebut Bale Kambang yang menyerupai pulau kecil di tengah samudera .

Di dalam kompleks ini banyak dijumpai pohon manggis berderet rapi yang menambah kesejukan udaranya. Menurut penjaga taman ini, roh utamanya terletak di hulu kolam, namun karena luasnya taman , deretan pohon manggis, kolam yang lebar serta pura yang di ujung sehingga menjadikan pura ini sering terlewati.

Jika anda berkunjung ke Pura ini, anda akan ditemani oleh seorang guide yang akan menceritakan tentang sejarah Mayura. Biasanya mereka akan mengajak anda berkeliling sekitar 15menit dan selebihnya anda akan dipersilahkan menikmati sendiri suasana Mayura.

Yang menarik di dalam area wisata ini adalah terdapatnya patung batu manusia yang berwajah Asia Barat. Menurut sejarah patung ini dibuat sebagai tanda terimakasih raja kepada orang Asia Barat. Pura ini letaknya di pusat bisnis, Kec Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Untuk harga tiket yang dibayar disini sudah termasuk dengan biaya guide.

Untuk memudahkan anda berwisata ke sini, anda bisa mengambil paket tour Lombok. Jadi anda tinggal siapin jalan-jalan tanpa perlu memikirkan hal-hal lainnya.

Berkaitan dengan penginapan, karena lokasinya yang masih di dalam kawasan bisnis banyak sekali hotel dan restaurant yang terdapat di sekitar wisata. Bahkan bagi anda pecinta masakan lokal, banyak terdapat warung sederhana di sekitar Mayura yang menawarkan masakan khas Lombok seperti Pelecing. Untuk hotelnya bisa anda jumpai seperti:

 

Referensi:

  • http://www.wisatamelayu.com/id/tour/229-Taman-Air-Mayura/navgeo
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *