Taman Bungkul, Surabaya

Share Button

Taman Bungkul adalah salah satu taman wisata di Surabaya yang terletak di Jalan Raya Darmo sekitar 900meter persegi dengan dilengkapi fasilitas pendukung seperti amfiteater dengan diameter 33M, arena jogging track, taman bermain untuk anak-anak dan laha untuk papan luncur. Selain itu taman ini juga dilengkapi  akses internet nirkabel. Taman Bungkul sendiri diambil dari nama Mbah Bungkul dimana terdapat makam beliau di taman ini. Mbah Bungkul adalah julukan untuk Ki Supo, seorang ulama di Kerajaan Majapahit pada abad XV yang juga termasuk saudara ipar Raden Rahmat atau Sunan Ampel. Taman Bungkul merupakan salah satu jantung Kota Surabaya. Taman ini sekarang juga menjadi taman wisata bagi warga Surabaya bahkan luar Surabaya juga banyak yang bermain atau hanya sekedar kumpul sama teman-teman di taman ini. Beberapa acarapun juga sering digelar di taman ini sebagai kegiatan hiburan atau kebudayaan.
Diresmikan pada tanggal 21 Maret 2007 yang semakin lama semakin banyak yang mengunjungi. Salah satunya karena juga dilengkapi banyak fasilitas lainnya seperti Skateboard Track, BMX Track, Area Green Park dengan kolam air mancur dan taman bermain anak-anak hingga pujasera pun jadi. Di belakang taman juga terdapat beberapa warung makanan yang menawarkan makanan khas Surabaya seperti Rawon, Soto, Bakso dan masih banyak lagi. Lebih sering dikunjungi dan ramai pada malam hari karena banyak lampu gemerlapan yang menambah kenyamanan anda jika berkunjung ke Taman ini. Ada jajanan yang sangat menarik disini yaitu pentol colek atau sebutan untuk baso yang hanya bola daging nya saja dengan memakai bumbu kacang yang diberis saos atau sambal, tergantung selera nda. Cara makannya juga pakai sebatang kayu. Dan cara menikmatinya di colekkan ke bumbu kacang tersebut.
Penjual makanan atau hanya pedagang warung kopi sangat banyak di sini, parkirnya pun kalau malam minggu atau malam hari besar sangat penuh dan ramai pengunjung. Namun kebanyakan taman ini digunakan untuk perkumpulan antar teman. Tetapi yang keluarga juga tidak kalah banyak. Adanya air mancur dan lampu lampu yang menghiasi menambah keindahan di taman ini. Tidak salahnya jika anda bingung mencari tempat tongkrongan yang nyaman dan harga makanannya terjangkau, bisa mengunjungi ke Taman Bungkul ini. Ada fasilitas kamar mandi juga member kenyamanan lebih. Letaknya yang strategis sehingga dekat dengan hotel-hotel berbintang yang dapat anda singgahi atau inapi jika ingin bermalam di Kota Surabaya, seperti:

Referensi:

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Taman_Bungkul
  • http://www.eastjava.com/tourism/surabaya/ina/bungkul-park.html

 

Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.