Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Bandung

Share Button

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda terletak di Desa Ciburial, Kec Cibadas Lembang, Kab Bandung. Luas taman ini mencapai 527,03ha yang membentang mulai dari kawasan Lembah Cikapundung di Dago Pakar sampai ke Maribaya kawasan perbukitan Dago Utara. Kondisi alamnya memberikan ruang yang cukup dan bebas terhadap pengunjung untuk melakukan berbagai kegiatan di kawasan ini. Hutan di taman ini merupakan hutan sekunder dan hutan tanaman yang mempunyai sejitar 2.500 jenis pohon dan termasuk dalam 40 familia dan 112 spesies. Pohon-pohon tersebut didatangkan dari berbagai negara dan daerah di Indonesia.

Beberapa koleksi flora nya seperti teklan, ekaliptus, mahoni, bungur, saninten, pasang, dammar, dan waru gunung. Bila beruntung, anda juga dapat melihat aneka satwa liar seperti musang, bajing, kera ekor panjang, burung kamata, perenjak jawa, burung cinenen pisang, dan ayam hutan.

Bagi anda yang suka tantangan, disini juga disediakan hiking area dengan jarak sekitar 5km sampai ke kawasan Maribaya.

Nama Djuanda digunakan bukan semata-mata hanya pertimbangan beliau yang berasal dari Jawa Barat dan keberadaan Taman Hutan Raya di Bandung, namun terlebih sebagai bentuk penghormatan atas dedikasi dan jasanya terhadap Bangsa Indonesia.

Sebagaimana yang dicatatkan dalam sejarah, pahlawan Nasional kelahiran Tasikmalaya yang mempunyai nama lengkap Djuanda Kartawidjaja. Merupakan salah satu actor intelektual di balik peristiwa proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.

Selain itu beliau juga pernah menjadi Perdana Menteri di era Demokrasi Terpimpin. Kawasan THR H. Ir. Djuanda ini jaraknya sekitar 7km dari jantung Kota Bandung. Kawasan tersebut dapat diakses menggunakan semua jenis kendaraan bermotor. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi jika ingin langsung dapat menuju lokasi dan jalannya pun sudah beraspal.

Untuk memasuki kawasan atau pintu masuk nya pun dipungut biaya per orang nya. Banyak terdapat fasilitas pendukung di sini seperti areal parkir, pusat informasi pariwisata, toilet, dan shelter-shelter. Selain itu di kawasan ini terdapat kafe terapung di atas kolam penampung air PLTA Bengkok. Pihak kafe juga menyediakan perahu bagi pengunjung yang ingin mendatangi kafe tersebut.

Banyak pilihan hotel murah di Bandung yang bisa anda pilih. Namun anda jika ingin menginap di hotel berbintang, banyak pilihan yang dapat anda inapi seperti:

Referensi:

  • http://www.wisatamelayu.com/id/tour/465-Taman-Hutan-Raya-Ir.-H.-Djuanda/navgeo
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.