Taman Narmada, Lombok

Share Button

Taman Narmada berada di Desa Lembuah, Kec Narmada, Kabupaten Lombok Barat sekitar 10 km sebelah timur Kota Mataram. Taman ini luasnya sekitar 2ha yang dibangun pada tahun 1727 oleh Raja Mataram Lombok yang bernama Anak Agung Ngurah Karang Asem sebagai tempat upacara Pakelem yang diselenggarakan setiap purnama kelima tahun. Taman ini juga digunakan sebagai tempat peristirahatan keluarga raja pada saat musim kemarau.
Nama Narmada sendiri diambil dari Narmadanadi atau anak Sungai Gangg yang dianggap suci di India.

Bagi umat Hindhu, air adalah suatu unsure suci yang sangat memberikan kehidupan kepada semua makhluk di dunia air. Memang dahulunya nama Narmada digunakan untukmenamai nama mata air yang membentuk beberapa kolam dan sebuah sungai di tempat tersebut. NamunĀ  lama-kelamaan digunakan untuk menyebut keseluruhan komplek taman ini.

Kompleks taman ini dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu gerbang utama, telaga kembar, jabalkap, gapura gelang, telaga padmawangi, mukedes, balai loji, balai terang, bangunan sakapat, patandaan, blai bancingah, Pura Lingsar dan Pura Kelasa. Dan berikut adalah bagian-bagian Taman Narmada dari gerbang utama.

Unsur-unsur bangunan yang lainnya jug a masih banyak, antara lain pancuran Sembilan yang berada di atas Segara Anak. Bentuk bangunannya dorogancet dengan dua bagian terpisah yang menyerupai bangunan tradisional Jawa Tengah.

Bangunan ini pun termasuk bangunan sacral baik penganut Hindu Dharma maupun penganut Waktu Tilu. Selain itu ada pula Balai Petirtaan yang sumber mata airnya berasal dari Gunung Rinjani. Balai petirtaan juga termasuk tempat pertemuan tiga sumber air yaitu Suranadi, Lingsar, dan Narmada.

Konon jika membasuh muka di mata air ini akan bisa awet muda.
Setelah direkonstruksi oleh pemerintah melalui Ditjen Kebudayaan, Taman Narmada dijadikan kompleks bangunan cagar budaya dengan daftar induk inventarisasi peninggalan sejarah dan purbakala pusat. Dengan demikian sesuai dengan peraturan yang berlaku kelestarian di Taman Narmada ini telah dilindungi oleh pemerintah.

Ternyata yang berkunjung kesini tidak hanya wisatawan yang tertarik dengan kolam Taman Narmada, tetapi juga masyarakat sekitar yang ingin mengambil air disini dan membawanya pulang. Biasanya digunakan untuk mandi. Karena airnya mengandung mineral yang sangat tinggi. Jika anda ingin mencoba kesegaran airnya dan membuktikan mitosnya, anda bisa mengikuti tour Lombok yang banyak disediakan oleh travel agent.

Banyak fasilitas yang sisediaka di wisata ini, mulai dari watersport, outbond, kolam renang, panggung hiburan, dan deretan rumah makan sampai penginapan yang disediakan masyarakat sekitar sampi hotel berbintang seperti :

 

 

Referensi :

  • http://uun-halimah.blogspot.com/2007/12/taman-narmada-lombok.html
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *