Taman Nasional Bukit Baka, Kalimantan

Share Button

Bukit Baka 1Taman Nasional Bukit Baka merupakan kawasan konservasi yang terletak di Kabupaten Sintang, Kalimantan. Kawasan ini mempunyai peranan yang sangat penting dalam fungsi hidrologis yaitu sebagai daerah resapan air bagi aliran Sungai Melawai dan aliran Sungai Katingan Kalimantan Tengah. Kawasan hutan bukit ini didominasi oleh berbagai jenis ekosistem hutan hujan tropis khas pegunungan. Bukit Baka sendiri adalah gabungan Cagar Alam Bukit Baka yang berada di Kalimantan Barat dan Cagar Alam Bukit Raya yang berada di Kalimantan Tengah. Telah terjadi enam kali perluasan area sehingga kawasan ini ditetapkan sebagai Taman Nasional. Keistimewaan di kawasan ini terletak pada kekayaan flora dan fauna nya. Secara umum wilayah ini didominasi oleh vegetasi tingkat pohon yang penyebarannya bervariasi dari kaki hingga ke puncak bukit. Vegetasi dataran rendah ini hingga sampai di ketinggian 400m yang menunjukkan kekhasan hutan hujan dataran rendah yang menjadi rumah bagi sekitar spesie dipterocarpaceae.

Bukit Baka 2Dikarenakan adanya perubahan ketinggian tempat, maka tipe vegetasi dominan kemudian berubah secara bertahap sehingga di wilayah ini ditemui tipe-tipe vegetasi hutan dataran rendah, hutan dataran tinggi, hutan pegunungan, vegetasi sungai, dan vegetasi lumut. Keistimewaan lainnya terletak pada beraneka ragamnya jenis satwa di sini diantaranya berbagai jenis burung dan jenis satwa lainnya seperti : mamalia, landak, lutung merah, dan beruk. Selain itu terdapat pula hewan reptile yang hidup di kawasan ini seperti ular, kadal, kura-kura darat, katak daun, katak batu dan kodok dan masih banyak lainnya. Bagi anda yang akan memasuki Taman Nasional ini sebaiknya anda menggunakan pakaian lengan panjang agar terhindar dari sengatan matahari dan gigitan serangga. Pengunjung juga dianjurkan agar membawa perlengkapan kegiatan seperti kaos kaki, sepatu boat, tenda, dll.

Bukit Baka 3Pihak pengelola kawsan ini telah menyediakan berbagai fasilitas untuk anda diantaranya : visitor center yang berfungsi sebagai pusat informasi bagi pengunjung yang akan memasuki daerah ini, yang kedua pos jaga kawasan di Dusun Belaban Ella yaitu pos pengawas kawasan dan dilengkapi beberapa petugas lapangan, yang ketiga visitor ladge adalah objek yang menarik untuk kegiatan penelitian alam, dan yang terakhir adalah trail yakni jalan patrol di kawasan Taman Nasional dan jalur wisata alam. Jika anda ingin menginap beberapa hari di kawasan ini jangan khawatir karena banyak terdapat hotel di daerah Pontianak seperti :

Referensi :

  • http://www.wisatamelayu.com/id/tour/552-Taman-Nasional-Bukit-Baka-Bukit-Raya/navgeo
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.