Taman Nasional Wasur, Papua

Share Button

Taman Wasur Papua 1Taman Nasional Wasur adalah salah satu objek wisata yang ada di Papua. Sebelum dijadikan Taman Nasional, kawasan ini terbagi menjadi Suaka Margasatwa Wasur  dan Cagar Alam Rawa Biru. Dan baru ditetapkan menjadi Taman Nasional adalah pada tahun 1990. Kawasan ini mempunyai iklim musiman, dibagi menjadi dua daerah geografis yakni dataran pantai dan bukit yang bergelombang. Sekitar 70% luas kawasan ini berupa savana, sedangkan yang lainnya berupa hutan rawa, hutan pantai, hutan musim, hutan bambu, padang rumput dan hutan rawa sagu yang sangat luas. Jenis tumbuhan yang mendominasi hutan di kawasan ini antara lain tancang, ketapang, dan kayu putih. Sedangkan jenis satwa yang sering dijumpai di sini adalah kanguru pohon, kesturi raja, kasuari gelambir, cenderawasih kuning besar, cenderawasih raja, cenderawasih merah, buaya air tawar dan buaya air asin.

Taman Wasur Papua 2Bagi anda yang suka atraksi kehidupan liar, di sinilah tempatnya yang akan memberikan pengalaman tak terlupakan. Berbagai flora dan fauna eksotik akan anda temui di sepanjang perjalanan. Kawasan Taman Nasional Wasur ini merupakan perwakilan lahan basah yang paling luas di Papua. Jika anda berkunjung ke sini pada bulan September, anda akan menyaksikan pemandangan yang sangat menakjubkan dikarenakan Bulan September sendiri adalah bulan dimana peralihan musim kering dan basah. Pada saat itu pula burung-burung air akan berdatangan untuk mencari makan dan bermain. Pohon Bangsia pun akan mulai mengeluarkan bunga uniknya berwarna kuning. Di kawasan ini juga terdapat Musamus yaitu rumah semut yang dibangun oleh koloni semut menggunakan bahan dasar tanah, rumput kering dan air liur sebagai perekatnya. Musamus sendiri hanya ditemukan di tempat-tempat tertentu di dunia yaitu salah satunya di Papua.

Taman Wasur Papua 3Setelah puas menyaksikan dan  bermain-main dengan satwa ataupun tumbuhan yang ada di kawasan ini, anda juga dapat melakukan aktivitas lainnya seperti berkano, berenang, memancing, ataupun berkuda. Jika anda ingin menjumpai suasana yang berbeda, anda dapat mengunjungi perkampungan Suku Marin yang masih tetap memegang teguh nilai-nilai kearifan lokal dalam pemanfaatan SDA. Untuk memasuki kawasan Taman Nasional Wasur ini anda terlebih dahulu melapor di pos penjagaan dan membayar tiket masuknya. Banyak fasilitas yang tersedia di sini salah satunya penginapan yang di sediakan tidak jauh dari area wisata. Namun jika anda ingin menginap di hotel berbintang dapat menjumpai di pusat kota seperti:

 

Referensi:

  • http://www.wisatamelayu.com/id/tour/944-Taman-Nasional-Wasur/navgeo
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *