Taman Safari, Bogor

 

Taman Safari Indonesia adalah tempat wisata yang berwawasan lingkungan dan berorientasi habitat satwa pada alam bebas. Tempat wisata ini sangat cocok sebagai wisata keluarga. Lokasinya berada di Desa Cibeureum, Kecamatan Cisarua, Bogor, Jawa Barat atau lebih dikenal dengan sebutan kawasan Puncak. Taman Safari ini dibangun pada tahun 1980 di sebuah perkebunan teh yang sudah tidak digunakan lagi. Taman ini menjadi penyangga Taman Nasional Guung Gede Pangrango yang terletak pada ketinggian 900-1800m di atas permukaan laut. Ditetapkan sebagai Obyek Wisata Nasional oleh Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi dan diresmikan menjadi Pusat Penangkaran Satwa Langka pada tanggal 16 Maret 1990. Di wisata ini anda tidak hanya dapat menikmati keindahan alam dan beragam binatangnya saja, tetapi anda juga dapat berinteraksi langsung saat hewan-hewan tersebut yang sedang berkeliaran bebas. Anda pun dapat menikmati keindahan alam dan keanekaragaman hewan-hewannya dengan menggunakan mobil pribadi atau bus yang sudah disediakan oleh panitia Taman Safari sendiri.

Taman Safari Bogor memiliki banyak koleksi satwa. Ada lebih dari 2.500 satwa dengan ratusan spesies yang beraneka ragam. Berbagai hewan lokal yang menghuni obyek wisata ini adalah komodo, bison, badak, beruang madu, gajah, anoa, harimau putih, dll. Saat anda memasuki obyek wisata ini, anda akan melihat pepohonan yang rindang dan merasakan udaranya yang sangan dingin dan sejuk. Pengalaman ini akan menjadi pengalaman yang menarik buat anda dan keluarga anda bersama satwa-satwa liar di alam yang terbuka. Setelah puas menikmati beragam satwa yang bermain bebas, anda dapat menikmati atraksi satwa, mulai dari anjing, kambing bahkan orang utan. Anda juga dapat mengunjungi pelatihan hewan, taman burung, kebun bayi binatang, menunggang gajah dan kuda atau juga bisa melihat pertunjukan koboi yang ada di Wild-Wild West. Tempat menarik lainnya yang sayang jika tidak dikunjungi adalah Baby Zoo, dimana anda bisa memeluk bayi satwa dan berfoto bersama mereka.

Fasilitas yang disediakan oleh panitia Taman Safari sendiri cukup banyak, ada bus safari, danau buatan, sepeda air, kano, kolam renang dengan seluncur ombak, kincir raksasa, kereta api mini yang melintasi perkampungan ala Afrika, taman burung Baby Zoo,  gajah tunggang, komedi putar, pentas sirkus, area gocart, bom bom car, children play ground, rumah setan, kesenian tradisional, dan sulap di panggung terbuka Balai Ruyung Safari. Anda pun tidak perlu khawatir jika tidak membawa bekal dari rumah, karena di obyek wisata ini juga banyak terdapat tempat makan, penginapan pun banyak mulai dari penginapan rumah sampai hotel-hotel yang berbintang, seperti :

Referensi :

  • http://indonesia.travel/id
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Taman_Safari_Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *