Taman Suranadi, Lombok

Share Button

Suranadi adalah salah satu taman wisata alam yang berada di Lombok. Taman dengan luas 52ha ini terletak di Kecamatan Narmada, Lombok Barat sekitar 18km dari Kota Mataram dan bisa dicapai sekitar setengah jam saja. Suranadi berasal dari kata surya yang berarti dewa dan nadi yang berarti sungai. Konon kata Suranadi sendiri juga mengandung arti kahyangan dalam kamus bahasa Jawa Kuno.

Di taman ini kaya akan aneka ragam jenis tumbuhan, vegetasi yang menutupi kawasan ini merupakan vegetasi campuran yang tersebar merata dan ditandai dengan tumbuhnya pohon-pohon tinggi bercampur dengan perdu, semak dan padang rumput.

Aneka jenis tumbuhan dengan pepohonan yang besar dengan percabangan yang banyak membuat beberapa jenis satwa akan betah tinggal dalam taman ini seperti, musang, kera, dll. Tidak ketinggalan pula di dalam taman wisata lombok ini juga memiliki pura yang dikenal dengan nama Pura Suranadi yang tentunya pura ini dikelilingi oleh alam yang masih asri.

Di Pura Suranadi terdapat lima sumber mata air yang dikenal dengan nama Panca Tirtha atau Pancaksara. Air tersebut dianggap sacral dan diyakini sebagai syarat kelengkapan di dalam menjalani upacara keagamaan. Kelima pancatirtha tersebut adalah:

  • Mata air toya tabah, biasanya digunakan dalam upacara pitra yadnya
  • Mata air toya pabersihan, untuk upacara pembersih jenazah sebelum diberikan tirta pangentas
  • Mata air pangentas, diberikan untuk jenazah sebelum dikubur atau dibakar
  • Mata air toya panglukatan, untuk pembersihan diri dan dipakai dalam upacara dewa yadnya, manusa yadnya, dan bhuta yadnya
  • Mata air tirta, digunakan saat puncak upacara sebagai pradasam dan diberikan kepada peserta upacara

Bagi anda yang suka akan flora dan fauna, berkunjung di taman ini memang sangat menyenangkan karena di sini banyak sekali flora dan fauna seperti beringin, garu, terep, kemiri, purut, suren dan masih banyak lagi pepohonan besar lainnya.

Sedangkan fauna nya seperti kera abu-abu, kera hitam, jelarang, musang air, burung elang, burung madu, biawak, ular dan masih banyak lagi lainnya.

Di Taman Suranadi selain menawarkan wisata alam, sejarah dan budaya, di sini anda juga akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti pusat informasi, ruang pertemuan, taman bermain, toilet, bumiperkemahan, teater terbuka, warung makan sampai penginapan atau pun hotel berbintang, seperti:

Kalau ingin yang lebih mudah, anda bisa mengikuti paket tour Lombok yang banyak tersedia di travel agent. Salah satunya 1001malam.

Referensi:

  • http://wesajelajahindonesia.blogspot.com/2011/12/melihat-kekayaan-taman-wisata-alam.html
  • http://lomboktourplus.com/blog/menengok-objek-wisata-taman-suranadi/
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *