Tanah Tingal: Wisata untuk Si Kecil

Share Button

logowebLiburan semester sudah hampir tiba. Bagi anda para orang tua, sudah punya rencana belum akan pergi kemana? Nah jika belum, wisata Tanah Tingal di Tangerang, bisa menjadi rekomendasi yang bagus untuk buah hati anda. Di sini anak-anak anda akan diajak untuk kmebali ke alam dengan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan alam. Dengan memfokuskan kegiatan pada workshop, informasi merawat tanaman, rumah koleksi dan penjualan tanaman beserta pernak-pernik kebutuhan penggemar tanaman, wisata ini ingin anak-anak bisa mengenal alam lebih jauh.

2007_05100220Begitu anda tiba di tempat ini, anda akan di sambut dengan suasana alami khas pedesaan. Jalan masuknya juga didesain layaknya jalan pedesaan yang penuh kerikil. Tak jarang pengunjung memanfaatkannya sebagai area jogging.

Berlokasi di Jl.Merpati Raya No. 32B, Desa Sawah Baru Jombang, Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Tanah Tingal telah ada sejak 1985. Namun di tahun enam puluhan, tanah tinggal telah dibangun, meski hanya sebagi tempat peristirahatan keluarga. Dibangunnya tanah tingal merupakan prakarsa dari Bapak Boediardjo yang ingin membangun pendidikan dengan tetap bersentuhan dengan alam dan memiliki nilai sosial. Hal ini dikarenakan rasa empati Bapak Boediardjo terhadap perilaku anak-anak modern yang mulai kehilangan kepekaan sosial. Anak-anak modern cenderung kurang bersosialisasi dan lebih menyukai permainan yang bersifat instan dan tertutup.

Tempat-Wisata-Tanah-Tingal-Tangerang-SelatanDengan kontur tanah berwarna merah, lebih dari seribu macam pohon tertanam di tempat ini. Bahkan jumlah pohon ini terus ditambahkan oleh pengelola hingga kini tempat tersebut menjadi taman kota. Dengan luas tanah mencapai 9 Ha, berbagai jenis tanaman spesies maupun persilangan ada di sini. Terutama untuk tanaman anggrek dan beberapa tanaman yang dibuat ruang khusus untuk kelestariannya. Selain itu juga terdapat tanaman merunduk dengan daun lebar yang unik yang telah berusaha puluhan tahun. Ajak anak anda untuk melihat pohon Krisna dengan daun berkantongnya dan pohon Bodi yang merupak simbol dari Tanah Tingal.

tt4JPGBerbagai hal menarik yang menjadi daya tarik tempat ini adalah suasana hutan yang asri, kebun anggrek, kebun sayur, dan sebidang sawah. Selain itu juga terdapat rumah dengan etnik jawa, lapangan yang luas, rawa, hingga danau yang lengkap dengan kanonya. Kegiatan-kegiatan yang ditawarkan di tempat ini lebih banyak diutamakan untuk pengunjung rombongan. Namun jika anda berkunjunh hanya dengan keluarga ada bisa mencoba kegiatan playground atau pun kolam renang.

PICT0167Jika anda berkunjung bersama 20 orang, anda beserta rombongan bisa belajar membuat dan melukis keramik. Selain itu anda bisa melakukan pengamatan terhadap burung yang sudah bisa anda mulai dari pintu gerbang hingga bagian belakang Tanah Tingal. Sayangnya hal ini hanya bisa anda lakukan pada pukul 05.30-07.00. Ada 30 jenis burung yang dapat anda amati di Tanah Tingal. Hal ini berdasarkan pengamatan dari BirdLife Indonesia. Mulai dari elang bondol (Haliastur indus),  wiwik uncuing (Cacomantis sepulcralis), burung cabai jawa (Dicaeum trochileum), betet kelabu (Lanius schach), perkutut jawa (Geopelia striata), merbah cerucuk (Pycnonotus goiavier), pipit benggala (Amandava amandava), tekukur (Streptopelia chinensis), hingga layang-layang api (Hirundo rustica).

2007_05100206Jika anda datang besama 50 orang, anda bisa merasakan kegiatan outbound mulai dari flying fox, canoing, meniti jembatan tali, panjat dinding, hingga pamper pole. Tak hanya itu, anda dan rombongan bisa memanen padi atau pun memetik buah ketika musim panen tiba. Anda juga dapat melihat proses dari panen padi hingga terbentuk nasi. Pilihan yang lain, anda dan rombongan bisa mencoba untuk belajar menanam anggrek hingga belajar membuat media tanam anggrek. Pilihan lain yang tak kalah menarik ialah belajar bercoocok tanam tanaman pangan, seperti jagung, singkong, padi, hingga sayur mayur.

5355829819_bb517b85c4Anda juga dapat memanfaatkan tanah tingal untuk pelaksaan event-event anda seperti pernikahan, foto prawedding, outing, hinga edukasi. Sayangnya Tanah Tingal tidak menyediakan restoran atau pun tempat makan yang lain. Oleh karenanya anda perlu untuk membawa bekal sendiri dari rumah. Dan untuk penginapan anda bisa menggunakan beberapa pondok inap ataupun hotel murah di Tangerang, seperti:

Refrensi:

  • http://kabartangsel.com/2012/10/tanah-tingal-wisata-alam-eksotis-di-tangerang-selatan/
  • http://www.liburananak.com/id/kids-holiday-spots/11-outbounds-camps/6/tanah-tingal#.VGcGEzSUeGM
  • http://www.tempatwisataid.com/1853/liburan-ke-tempat-wisata-anak-tanah-tingal-di-tangerang-selatan.html
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *