Tangkuban Perahu, Bandung

Share Button

Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu gunung terbesar di dataran Parahyangan. Taman wisata ini berada di utara Kota Lembang atau sebelah utara Kota Bandung. Udaranya sangat sejuk, memiliki hamparan kebun teh, lembah dan tinggi pohon pinusnya menemani perjalanan anda menuju pintu gerbang kawasan Tangkuban Perahu. Gunung ini mempunyai tinggi 2,076m dpl dan dinamai Tangkuban Perahu karena dari ekjauhan tampak unik seperti perahu terbalik. Bentuk puncak gunung ini adalah stratovulcano dengan pusat erupsi yang berpindah-pindah dan jenis batuan yang dikeluarkan melalui letusan nya kebanyakan lava dan sulfur. Adapun mineral yang dikeluarkan saat gunung tidak aktif adalah uap belerang. Suhu rata-rata hariannya adalah 17 derajat celcius pada siang hari dan 2 derajat celcius pada malam hari. Kondisi inilah yang menjadikan wisata ini didatangi banyak pengunjung.

Konon menurut cerita warga setempat, gunung ini merupakan bukti nyata dari cerita rakyat yaitu Sangkuriang, yang terbentuk karenan amukan Sangkuriang yang tidak bisa menikahi ibu kandungnya sendiri Dayang Sumbi sehingga perahu yang telah ia buat untuk syarat menikahi tersebut ditendang sampai terlempar jatuh dan terbalik, akhirnya menjadi sebuah gunung yang kita kenal sebagai Gunung Tangkuban Perahu tersebut atau yang dalam bahasa sundanya tangkub berarti terbalik.
Saat ini Gunung Tangkuban Perahu menjadi objek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan lokal dan asing. Untuk menelusuri gunung ini anda harus melalui jalan setapak atau dengan menunggang kuda sewaan yang akan mengantar anda berkeliling meski hanya sekedar menikmati keindahan alamnya. Untuk masuk ke kawasan ini, anda cukup membayar tiket masuk sesuai jenis kendaraan, tamu yang dibawa dan dibedakan pula antara turis domestic dan mancanegara. Setelah perjalanan mendaki selesai, anda akan masuk ke dalam kawasan Tangkuban Perahu dimana anda akan disuguhi keelokan tangkuban perahu yang melegenda itu. Anda dapat berjalan dan emngambil foto di gigiran sawah yang sangat indah dan sesekali menikmati bau belerang yang tertiup angin. Jika perjalanan anda teruskan, nantinya anda akan menemui sederetan warung oleh-oleh dan makanan khas Bandung. Jika anda masih kuat melakukan perjalanan, anda akan dapat menikmati desisan kawah dan air panas, namun jika sudah sore hari biasanya kawasan ini ditutup. Banyak penginapan di sekitar wisata, jika anda ingin menginap di hotel berbintang tidak perlu khawatir karena ada beberapa hotel seperti:

Referensi:

  • http://bandung.jacktour.com/2011/03/gunung-tangkuban-perahu.html
  • http://www.wisatakebandung.com/2012/10/wisata-gunung-tangkuban-perahu-bandung.html
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *