Tantangan Pantai Timang, Gunungkidul

Share Button

Watu-Panjang-Pantai-Timang-659x494Gunungkidul menjadi tempat yang menarik bagi para pecinta wisata adrenalin. Pasalnya daerah ini kerap menawarkan tempat wisata yang akan membuat adrenalin anda terpacu lebih cepat lagi. Sebut saja Goa Jomblang dan Goa Cerme yang akan membawa anda berkelana ke dalam perut bumi. Pantai-pantainya yang indah pun juga menawarkan sensasi yang sama. Misalnya saja Pantai Siung yang menjadi favorit para pecinta olahraga panjat tebing. Nah jika anda menginginkan wisata adrenalin lain yang ditawarkan daerah Gunungkidul anda patut mengunjungi Pantai Timang. Pantai yang berada diantara Pantai Siung dan Pantai Sundak ini akan membuat anda tegang dengan gondolanya yang mengarah ke batu karang di tengah laut.

5819442119_09e422568ePantai yang berada di Padukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta ini sudah cukup menguras tenaga sejak perjalanan menuju ke pantainya. Anda yang menyukai aktivitas menantang akan bersemangat menemukan pantai ini dari medannya yang berat dan lokasinya yang terpencil. Apalagi tak banyak papan penunjuk jalan yang akan membantu. Namun begitu menemukan pantai ini anda akan bersorak bagai menemukan harta karun. Ya, pantai ini memiliki pemandangan yang begitu menakjubkan dan masih alami. Pasir putih akan segera menyambut anda layaknya pantai-pantai lain di Gunungkidul dengan hiasan tumbuhan pandan yang ada di sekelilingnya.

115501_gon4Selanjutnya anda kini akan dibuat terpesona dengan pemandangan bukit kecil dengan bebatuan terjal yang berbatasan langsung dengan laut. Dari sini anda bisa melihat batu karang besar yang menyerupai pulau yang oleh masyarakat sekitar disebut dengan berbagai nama seperti Batu Panjang, Pulau Timang dan Pulau Panjang. Sebuah kereta gantung atau gondola yang digerakkan dengan tali dan terbuat dari kayu akan menghubungkan pantai dengan batu besar ini. Tali berdiameter 4 cm dengan panjang sekitar 200 meter ini kerap digunakan masyarakat untuk menyebrang guna menangkap lobster. Di sekitar bebatuan tersebut memang tempat tinggal lobster dan gondola yang dibuat sejak 1997 itu cukup membantu para nelayan dibandingkan mereka harus berenang menyebrang. Harga lobster yang lumayan mahal membuat para nelayan ini dengan tenang mealcu di atas gondola tersebut.

pantai_timang_gunungkidulMenyebrang ke batu tersebut dengan menggunakan gondola tersebut akan membuat darah anda megalir lebih deras dan detak jantung berdegup lebih kencang. Selain karena berada di ketinggian sekitar 50-60 meter, gondola tersebut juga tidak dilengkapi dengan pengaman. Selama anda meluncur sejauh 50-100 meter, anda juga akan meluncur seorang diri di atas laut dengan ombak yang cukup keras. Pantai ini memang benar-benar direkomendasikan bagi mereka yang bernyali besar dan menyukai tantangan.

TimangNamun bukan berarti anda yang tidak menyukai tantangan tidak bisa berlibur di pantai ini. Karena pemandangan di sekitar pantai ini cukup indah yang bisa anda abadikan melalui lensa anda. Selain Pantai Siung dan Pantai Sundak, Pantai Timang juga cukup dekat dengan jajaran pantai lain di Gunungkidul. Dan jika anda membutuhkan penginapan usai berwisata ke pantai ini, anda bisa menggunakan hotel murah di Yogyakarta, seperti:

Atau jika anda ingin pergi ke berbagai destinasi di Yogyakarta, anda bisa menggunakan paket tour Yogyakarta, perjalanan jauh lebih fleksibel dan gak perlu pusing lagi mikir transportasi dan akomodasi 🙂

Refrensi:

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Pantai_Timang
  • http://travel.detik.com/read/2014/10/23/115102/2727499/1519/5/gondola-maut-di-pantai-timang-gunungkidul
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *