Telaga Sarangan, Magetan

Share Button

Sarangan Magetan 1Di Kota Magetan terdapat sebuah Telaga yang bernama Telaga Sarangan. Berlokasi di sebelah timur kaki Gunung Lawu yang masuk Desa Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan. Mempunyai luas sekitar 30ha dengan kedalaman rata-rata 28m. Terletak pada ketinggian sekitar 1000m dpl dan bersuhu 18 derajat hingga 23 derajat celcius. Di sini mata anda akan dimanjakan oleh panorama indah perpaduan dari telaga yang tenang serta pegunungan hijau Sidorampung di sekitar Gunung Lawu yang menjulang kokoh dengan sederatan pegunungan, telaga yang asri serta sejuknya udara yang akan membuat hati pengunjung menjadi damai. Pada umumnya telaga ini terkenal dengan sebutan nama Telaga Pasir. Hal ini berdasarkan pada cerita yang terjadi dengan adanya sebuah kisah yang beredar di masyarakat lokal pada zaman dahulu. Ketika anda berada di kawasan ini, sejauh mata anda memandang, penglihatan anda akan dimanjakan oleh hijaunya pepohonan di bukit-bukit tinggi yang mengelilingi danau. Semua keindahan itu akan terpantul dalam air telaga yang mengelilingi danau. Semilir angin-angin nya yang sepoi akan menambah sejuknya suasana.

Sarangan Magetan 2Berbagai aktivitas dapat anda lakukan ketika berkunjung di Telaga Sarangan ini. Bagi anda yang suka berpetualang, anda dapat menyusuri tepian telaga dengan berjalan kaki ataupun menaiki kuda yang disewakan. Anda juga bisa menyusuri telaga dengan menggunakan speedboat, becak air ataupun perahu dayung yang disewakan oleh warga. Lokasi ini sangat cocok untuk dijadikan lokasi pelatihan, retreat, outbond maupun family gathering. Sekali dalam setahun telaga ini dijadikan sebagai lokasi ritual Labuh Sesaji atau Larung Tumpeng. Ritual ini merupakan bagian dari upacara adat Bersih Desa yang diselenggarakan pada hari Jumat Pon di bulan Ruwah dalam penganggalan Jawa. Di dalam ritual upacara ini, warga melarung sesaji ke tengah telaga. Setelah anda puas menikmati indah nya Telaga ini, anda dapat menikmati makanan khas Sarangan yaitu sate kelinci.

Fasilitas lainnya yang disajikan di sini ada beberapa seperti tempat parkir, toilet umum, pasar wisata, taman bermain, dan tempat beribadah. Untuk membeli souvenir atau oleh-oleh banyak terdapat toko-toko yang menjual tersebut. Jika anda ingin menginap beberapa hari di sini jangan khawatir karena banyak penginapan yang disewakan oleh peduduk setempat ataupun hotel berbintang seperti :

 

Referensi:

  • http://www.wisatamelayu.com/id/tour/966-Telaga-Sarangan/navgeo

 

Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *