Teluk Cendrawasih, Papua

Teluk Cendrawasih 3Taman Nasional Teluk Cendrawasih merupakan taman nasional perairan laut terluas di Indonesia yang berada di Pulau Papua. Diresmikan oleh Menteri Kehutanan pada tahun 1993 yang mempunyai luas 1.453.500 ha. Teluk Cendrawasih mempunyai 14 jenis flora yang dilindungi. Sebagian besarnya terdiri dari jenis pohon kasuarina, 36 jenis burung dimana 18 diantaranya dilindungi. Ada 196 jenis moluska, 209 jenis ikan dan beberapa penyu. Di sini juga merupakan tempat tinggal yang nyaman bagi para paus dan lumba-lumba. Kedua hewan ini dapat tinggal dengan tenang disini dikarenakan tidak ada pemburu serta berlimpahnya makanan yang disediakan Teluk Cendrawasih bagi mereka. Secara geografis Taman Nasional ini berada di wilayah Kabupaten Manokwari, Papua Barat.

Teluk Cendrawasih 1Ketika memasuki kawasan ini, anda akan dapat menikmati beragam objek menarik yang memenuhi di seluruh penjuru. Untuk mencapai Taman Nasional ini anda bisa melalui Manokwari atatupun dari Nabire. Dari Manokwari sendiri menuju lokasi ini berjarak sekitar 95km yang dapat ditempuh dari berbagai jalur. Sementara jika melalui Nabire anda harus menempuh jarak 38 km untuk mencapai taman ini . Di sini anda dapat menggunakan perahu motor dengan waktu tempuh 2-6 jam tergantung jenis perahu motornya. Untuk memasuki pintu utama dikenakan biaya tiket dan melapor ke Balai Taman Nasional Teluk Cendrawasih untuk mendapatkan Surat Izin Masuk Lokasi. Sementara itu bagi wisatawan mancanegara diharuskan memperoleh izin masuk dari Department Kehutanan.

Teluk Cendrawasih 2Di kawasan ini memang belum ada fasilitas semacam Dive Center, penginapan ataupun resort. Namun jika anda ingin bermalam di sini anda bisa menginap di rumah-rumah penduduk ataupun podok wisata BTNTC. Jika anda ingin menginap ke hotel, anda bisa ke pusat kota dan menginap di hotel-hotel seperti:

 

Referensi:

  • http://www.wisatamelayu.com/id/tour/563-Taman-Nasional-Teluk-Cendrawasih/navgeo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *