Teluk Hijau, Pantai Cantik yang Tersembunyi Di Banyuwangi

Share Button

show_resize_imageLetak Banyuwangi yang berdekatan dengan selat Bali, menjadikan kota ini memiliki berbagai wisata pantai yang menarik. Salah satu wisata pantai yang patut anda kunjungi adalah Teluk Hijau. Orang Jawa biasa menyebutnya dengan Teluk Ijo. Sedangkan masyarakat luar menyebutnya dengan Green Bay.

Teluk ini terletak di Desa Sarongan, sebelah selatan Pesanggarahan, dan masih dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Dari kota Banyuwangi, teluk ini berjarak sekitar 90 kilometer. Tak banyak yang orang yang mengetahui teluk ini karena lokasinya yang tersembunyi di belakang pantai batu. Kebanyakan wisatawan hanya berhenti sejenak di teluk ini sebelum melanjutkan perjalanan ke Taman Nasional Meru Betiri atau Sukamade. Padahal keindahan teluk hijau terletak di pantainya.

Teluk hijau 3Dinamakan teluk hijau karena air lautnya berbeda dengan warna air laut kebanyakan yang berwarna biru. Teluk hijau memiliki warna hijau pada permukaan air lautnya. Warna hijau tersebut disebabkan oleh pantulan warna hijau dari alga di dasar laut. Selain itu pasir pantainya juga berwarna putih lembut dan halus, sehingga begitu mudah menempel di kulit.

Suasana yang asri dan teduh serta ombaknya yang tenang, akan membuat anda merasakan kenyamanan yang luar biasa. Namun tidak hanya itu saja keindahan dari teluk hijau. Di sekitar pantai, anda bisa menemukan air terjun dengan ketinggian 8 meter yang memiliki air tawar. Jadi sesudah anda bermain air di pantai, anda bisa membasuh diri di air terjun tersebut. Selain itu anda juga bisa melihat bunga raflesia yang tumbu di sekitar tempat ini.

Untuk menuju teluk hijau, ada beberapa rute yang bisa anda gunakan. Jika anda dari kota Banyuwangi, anda bisa menuju Kabat yang berujung pada Terminal dan Pasar Sarongan. Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Pantai Rajegwesi hingga di Teluk Damai. Anda bisa memarkirkan kendaraan anda di sini.

pantai batuPerjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sepanjang 1 km menuju bukit di pantai Batu. Dari pantai batu anda bisa melewati jalan setapak menuju hutan. Ketika sampai di dua batu karang yang berhadapan, berarti anda telah sampai di Teluk Hijau. Jarak antara Pantai batu dan Teluk Hijau kurang lebih 300 meter.

Sedangkan jika anda dari Jember, anda bisa mengambil arah menuju Kecamatan Pakusari hingga tiba di wilayah kabupaten Banyuwangi. Perjalanan diteruskan melewati Kecamatan Kalibaru dan tiba di persimpangan Genteng. Selanjutnya belok kiri hingga tiba di simpat empat jajag. Untuk selnajutnya sama halnya dengan dari arah kota Banyuwangi. Hanya saja jarak yang harus ditempuh sekitar 106 kilometer. Agar anda tidak repot, anda bisa menggunakan paket tour Banyuwangi.

teluk hijau pintu masukTeluk Hijau memang belum terlalu banyak didengar orang. Maka tak mengherankan jika suasananya masih begitu asri. Selain itu jalanan yang harus dilalui untuk sampai ke sini juga masih dalam kondisi yang belum layak. Namun dengan semua keindahan yang ditawarkan, teluk ini wajib untuk dikunjungi. Untuk akomodasi anda bisa memanfaatkan beberapa hotel murah di Banyuwangi, seperti:

Refrensi:

  • http://cinta-wisatanusa.blogspot.com/2013/09/green-bay-teluk-ijo-dibelakang-pantai.html
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Teluk_Hijau
  • http://banyuwangiapik.blogspot.com/2013/08/pantai-teluk-hijau-surga-yang.html

Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *