Terbayang-Bayang Pulau Kepayang

Share Button

pantai-pulau-kepayangPulau Belitung atau yang dalam ejaan masyarakat setempat disebut dengan nama Pulau Belitong kian hari kian banyak diminati wisatawan untuk dikunjungi. Banyak pesona alam pulau ini yang kian terkesplorasi dan menjadi destinasi wisata yang begitu menyita perhatian. Apalagi dengan promosi dari sejumlah film dan novel yang membuat nama Pulau Belitung kian populer dan kian banyak orang penasaran untuk menyaksikan secara langsung keindahannya. Sejumlah fasilitas wisata yang ada di Pulau Belitung juga makin bertambah. Salah satunya adalah dengan kehadiran sejumlah hotel murah di Belitung. Untuk travelers yang baru pertama kali berpetualang ke Belitung tentunya bingung dong gimana cara nemuin hotel murah dan fasilitas wisata lainnya. Karenanya travelers bisa ikutan open trip tour Belitung yang tidak hanya menjamin akomodasi, transportasi, dan sejumlah kebutuhan wisata lainnya namun juga menawarkan harga yang murah dengan kualitas pelayanan yang begitu memuaskan.

pulau-kepayang2Keindahan yang ditawarkan tanah Laskar Pelangi ini tidak hanya terpusat di sejumlah pantainya yang dihiasi dengan bebatuan granit besar saja, namun juga karena keberadaan sejumlah pulau-pulau kecil yang menawarkan keindahan yang masih alami. Pulau-pulau ini tentunya memiliki daya tarik yang lebih tinggi karena hanya sebagian saja yang menjadi tempat kehidupan masyarakat Belitung. Sisanya masih begitu alami dan tak ada manusia di dalamnya kecuali para nelayan yang hanya sekedar singgah. Salah satu dari pulau tak berpenghuni di Belitung adalah Pulau Kepayang yang meski menjadi pulau terbesar diantara gugusan pulau-pulau kecil di Belitung Utara. Luas Pulau Kepayang mencapai 12 hektar dan berada tak jauh dari Pulau Lengkuas dan Pulau Tukong. Pulau yang juga disebut sebagai Pulau Babi ini bisa dijangkau dari Pantai Tanjung Kelayang dengan menggunakan speed boat maupun perahu tradisional nelayan yang bermesin katinting. Tentu saja waktu yang dibutuhkan jika menggunakan speed boat jauh lebih cepat dari pada menggunakan perahu. Jika menggunakan speed boat travelers hanya membutuhkan waktu 10 menit.

pulau-kepayang1Keindahan yang ditawarkan Pulau Kepayang dijamin akan membuat travelers terbayang-bayang selalu. Pasalnya pualu ini menawarkan keindahan pantai yang mengagumkan dengan gugusan batu granit yang tinggi dan gagah, selayaknya pantai-pantai yang ada di Belitung. Batu granit tersebut tampak begitu kokoh dan memiliki sejumlah ukuran serta bentuk yang berbeda. Batu-batu ini tak hanya membuat pantai Pulau Kepayang tampak begitu indah dan menakjubkan namun juga seolah menjaga pantai ini agar tetap indah dan alami. Di sepanjang bibir pantainya terhampar pasir putih yang tidak hanya bersih namun juga begitu lembut bagaikan tepung. Berjalan di atas pasirnya tanpa mengenakan alas kaki sekalipun terasa begitu nyaman. Makin terasa nyaman dengan keberadaan sejumlah pohon kelapa yang membuat suasana di sekitar Pulau Kepayang terasa begitu sejuk dan meninabobokkan. Air lautnya yang berwarna biru dan begitu jernih tentu begitu menggoda untuk segera dijelajahi.

pulaukepayangJika air sedang surut, travelers juga bisa menyinggahi Pulau Tukong yang berada tak jauh dari Pulau Kepayang hanya dengan berjalan kaki sejauh 200 meter. Selain Pulau Tukong, tak jauh dari Pulau Kepayang juga terdapat Pulau Pasir. Pulau ini sebenarnya perpanjangan dari Pulau Kepayang yang berada di sisi utara dan hanya nampak kala air sedang surut. Untuk travelers yang ingin bersantai dengan nyaman di Pulau Kepayang, sisi tenggara pulau ini merupakan bagian yang tepat. Pasalnya di bagian ini posisi pantainya tak terlalu dalam dengan dasar laut yang begitu halus sehingga cukup aman untuk bermain maupun berenang di sana. Selain itu hamparan pasirnya juga bersih tanpa ada bebatuan yang menghiasi. Jadi kian bebas untuk berlarian di sini.

sunset-pulau-kepayangPulau Kepayang juga menawarkan wisata ekologi dengan keberadaan tempat konservasi penyu sisik. Di musim-musim tertentu, travelers bisa ikut berpartisipasi dalam acara pelepasan tukik ke laut sekaligus mengawasi mereka kala berenang menuju ke laut. Di bagian lain Pulau Kepayang, terdapat hamparan padang rumput yang menghijau yang menjadi warna lain Pulau Kepayang sekalian hamparan pasir putih dari pantainya. Kalau mulai bosan dengan keindahan daratan Pulau Kepayang, coba deh eksplore alam bawah lautnya yang dijamin bikin travelers enggan meninggalkan tempat ini. Iyalah daripada ke bayang-bayang terus di rumahkan, mending tetap stay di sini 😉 Alamnya yang masih asri dan alami juga bikin kehidupan alam bawah lautnya begitu mengagumkan. Sejumlah ikan-ikan cantik nampak asik berenang diantara terumbu karang warna-warni. Puas menjelajah alam bawah laut kini waktunya untuk bersantai dengan menyaksikan matahari terbenam yang begitu mempesona. Uda, dari pada cuma ngebayangin doang, buruan deh datengin Pulau Kepayang buat libur akhir tahun nanti.

Refrensi:

https://www.1001malam.com/travel/indahnya-pulau-kepayang-bikin-mabuk-kepayang/

Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *