Tugu Kilometer Nol, Aceh

Tugu Kilometer Nol Aceh 1Tugu Kilometer Nol adalah sebuah bangunan yang dijadikan sebagai tanda titik awal perhitungan kilometer Indonesia. Bangunan ini menjulang setinggi 22,5m dan terletak pada ketinggian 43,6m di atas permukaan laut. Berbentuk lingkaran berjeruji dan semua bagiannya di cat dengan warna putih. Bagian atas lingkaran ini menyempit seperti mata bor. Di puncak tugunya terdapat patung burung garuda yang menggenggam angka nol. Selain itu, di dinding bangunan juga terdapat prasasti peresmian tugu yang ditandatangani oleh Try Sutrisno saat beliau masih menjabat sebagi Wakil Presiden pada 9 September 1997. Sebelumnya terdapat tugu lain yang diyakini sebagai kilometer nol Indonesia, namun setelah dilakukan penelitian hanya lokasi ini lah yang diputuskan sebagai titik nol Indonesia. Tugu ini berada di dalam areal Hutan Wisata Sabang di Ujung Ba’u, Kec Sukakarya, Kota Sabang, Aceh. Untuk mencapai tempat wisata ini anda harus melewati kaki bukit dan tebing dengan disuguhi pemandangan yang sangat indah. Hutan tropis nya msih terpelihara dengan baik, sementara di sisi kanan jalannya terlihat jelas biru nya air laut. Jika anda beruntung, anda dapat menjumpai sekawanan monyet yang bergelantungan dari pohon ke pohon.
Tugu Kilometer Nol Aceh 2Sesampainya di lokasi anda akan melihat sebuah bangunan putih berbentuk bundar yang terdiri dari dua lantai. Untuk mencapai bangunan tersebut anda harus menaiki beberapa undakan. Di lantai pertama terdapat sebuah prasasti, naik ke lantai dua anda akan menyaksikan birunya langit dan hijaunya pepohonan karena di lantai dua atapnya terbuka. Di lantai dua ini juga terdapat sebuah dua prasasti yaitu yang pertama menjelaskan tentang posisi geografis Indonesia, sedangkan prasasti kedua posisi geografis dalam angka-angka. Di seberang jalan tugu tersebut terdapat sebuah batu penanda jarak berwarna kuning seperti yang terlihat di pinggir jalan, bedanya di batu tersebut tertulis angka nol.
Menjelang senja wisatawan yang datang semakin meningkat. Hal ini dikarenakan mereka juga ingin mneyaksikan matahari tenggelam. Berada di Kilometer Nol Indonesia ini anda akan merasakan sensasi yang luar biasa. Sebagai bukti jika anda pernah berkunjung kesini, anda dapat meminta piagam ke Dinas Pariwisata Kota Sabang. Sebagai objek wisata, fasilitas disini sudah sangat memadai seperti terdapatnya pepohonan yang berjajar rapi guna melindungi tubuh anda dari sengatnya panas matahari. Bagi anda yang ingin bermalam, anda dapat menginap di losmen atau penginapan sekita lokasi, atau anda dapat menginap di hotel-hotel berbintang seperti :

 

Referensi :

  • http://www.wisatamelayu.com/id/tour/931-Tugu-Kilometer-Nol/navgeo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *