Uniknya Graha Santa Maria Annai Velangkanni, Gereja dengan Bangunan Ala Kuil Hindu

Share Button

Graha-Santa-Maria-Annai-VelangkanniBangunan yang diatas bukan gambar kuil tempat ibadah umat Hindu loh travelers, melainkan gereja tempat umat Katolik Medan beribadah. Unik bukan. Jika biasanya bangunan gereja memiliki bentuk ala arsitetur kolonial Belanda, namun gereja yang ada di Jalan Sakura III No. 7-10, Perumahan Taman Sakura Indah, Tanjung Selamat, Medan ini memiliki bentuk bangunan laksana kuil umat Hindu. Tentunya dengan kehadiran gereja ini semakin menambah daya tarik Medan untuk dikunjungi wisatawan. Dan meski tempat ini adalah tempat ibadah umat Katolik namun masyarakat umum juga bisa mengunjunginya. Jadi buat travelers non Katolik, gak usah ragu kalau mau main-main ke sini. Apalagi sampai pusing mikirin mau nginap dimana. Karena di Medan sudah banyak hotel murah di Medan, baik yang konvensional maupun syariah. Atau kalau gak mau ribet bisa juga ikutan tour Medan, biar makin praktis dan makin murah 🙂

Graha Santa Maria Annai VelangkanniGraha Santa Maria Annai Velangkanni tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah namun juga menjadi tempat ziarah bagi umat Katolik. Tak heran jika gereja ini begitu ramai dikunjungi para peziarah. Selain itu tempat ini juga diramaikan oleh kehadiran wisatawan yang tertarik dengan arsitekturnya yang unik dan menyerupai tempat ibadah umat lain. Graha Santa Maria Annai Velangkanni dibangun di atas lahan seluas 8000 meter persegi pada bulan September 2001. Bangunan Graha Santa Maria Annai Velangkanni dirancang oleh Pastor James Bharataputra S.J yang merupakan imam Katolik dari India. Untuk desain bangunanya sendiri mengambil gaya arsitektur Indo-Mogul yang begitu indah dan megah. Bangunan gereja yang megah ini pun berhasil diselesaikan dalam waktu 4 tahun dengan menghabiskan biaya hingga Rp 4 miliar. Dan pada tanggal 1 Oktober 2005, Graha Santa Maria Annai Velangkanni mulai diresmikan dan dibuka untuk umum.

Gereja-Graha-Maria-Annai-Velangkanni-2Bangunan Graha Santa Maria Annai Velangkanni terdiri atas dua lantai dengan menara tujuh lantai. Lantai pertama Graha Santa Maria Annai Velangkanni digunakan untuk tempat ibadah dan aula serta balkon dengan 14 jendela yang menceritakan jalan salib. Sementara di lantai 2 merupakan tempat patung Annai Velangkanni dan putranya yang memiliki tinggi mencapai 2 meter. Bangunan patung ini bukanlah sembarang patung lantaran patung ini didatangkan langsung dari India. Penguatan kesan kuil pada Graha Santa Maria Annai Velangkanni juga nampak dari warna-warna cerah yang digunakan untuk menghias interior dan eksterior gereja. Warna-warna ini dipadukan secara sempurna hingga menghasilkan warna yang begitu menarik dan mempesona. Tak hanya menggunakan permainan warna, namun Graha Santa Maria Annai Velangkanni juga dihiasi dengan sejumlah lukisan, relief, dan lukisan yang meski dipahat oleh tangan-tangan amatir namun tetap mencerminkan makna kitab suci.

Graha Santa Maria Annai VelangkanniGraha Santa Maria Annai Velangkanni semakin cantik dengan kebersihan bangunannya yang begitu terjaga. Selain itu terdapat sejumlah taman yang semakin memperindah pemandangan di sekitar Graha Santa Maria Annai Velangkanni. Ada taman untuk anak-anak dan juga taman yang menjadi tempat peringatan Paus Yohanes Paulus II. Tertarik untuk berkunjung? Bukan hal yang sulit kok, karena lokasi gereja ini cukup strategis dan mudah dijangkau dengan banyak kendaraan umum.

Refrensi:

http://www.medanwisata.com/2014/01/sisi-unik-graha-st-maria-annai-velangkanni.html

Share Button
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *