Watu Ulo, Jember

Share Button

Watu Ulo adalah sebuah pantai yang indah yang terletak di Kota kecil bernama Ambulo, Desa Sumberejo, sebelah selatan Kota Jember.

Pantai ini merupakan tempat tujuan wisata favorit bagi masyarakat Jember ataupun sekitarnya. Watu Ulo sendiri dalam bahasa jawa berarti Batu dan Ular.

Konon pantai ini mempunyai certita atau asal-usul terdahulunya mengenai keberadaan batu dan ular, namun itu hanya sekedar mitos yang berkembang di masyarakat, anda boleh mempercayainya ataupun tidak.

Terlepas dari itu semua, kawasan ini dijadikan sebagai obyek wisata yang banyak digemari kaum muda, berkeluarga atau juga dari wisatawan mancanegara.

Mungkin karena sudah banyaknya masyarakat dan wisatawan yang tau lokasi ini, sehingga dalam acara tertentu baik hari besar ataupun tahun baru, pantai ini selalu padat dikunjungi wisatawan.

Pada musim air pasang, ombak pantai nya cenderung besar sehingga dari pihak pengelola melarang pengunjung untuk mandi di pantai ini.

Disebut dengan Watu Ulo sendiri karena mengacu pada rangkaian batu karang dari pesisir pantai ke laut yang posisinya memanjang.

Panorama alam keindahan pantai nya pun sangat cantik. Acara tradisi yang dilakukan disini adalah pada setiap 1 Syawal sampai dengan 10 Syawal yang merupakan acara tradisi dalam rangka memberikan hiburan bagi masyarakat Jember pada umumnya.

Ada lagi acara lainnya yaitu Larung Sesaji Pantai Watu Ulo, yang diselelnggarakan pada tanggal 7 Syawal atau pada saat hari raya ketupat, ditujukan sebagai maksud untuk melampiaskan rasa syukur bagi penduduk Sumberrejo sendiri.

Pada zaman kependudukan Jepang, pegunungan di sekitar pantai ini dijadikan benteng pertahanan dan pengintaian bala serdadi sekutu yang mau menyusup ke daratan melalui pantai.

Benteng Jepang yang berjumlah lima buah demikian disebut dengan Goa Jepang dan sekarang dijadikan obyek wisata juga yang banyak dikunjungi di sekitar Pantai Watu Ulo.

Di samping Goa Jepang sendiri, sebelahnya Pantai watu Ulo juga terdapat Goa Lowo yang dihuni ratusan ribu kelelawar.

Goa ini bisa dimasuki oleh wisatawan dengan menyusuri dan melewati pantai berpasir karena tempatnya yang sunyi dari keramaian, apalagi mengingat goa ini mempunyai kedalaman 100meter.

Obyek wisata Watu Ulo dapat ditempuh dengan menggunakan segala jenis transportasi, kendaraan pribadi roda dua dan roda empat pun juga bisa, karena jalan menuju kolasi ini sudah beraspal semua.

Banyak fasilitas yang disediakan disini, seperti areal berkemah, taman bermain, kios souvenir, kamar mandi, musholla, tempat parker, warung makan, dan juga tempat penginapan mulai dari penginapan yang disediakan penduduk sekitar ataupun hotel-hotel seperti :

Referensi :

  • http://www.wisatanesia.com/2010/05/watu-ulojember.html
  • http://www.ladangsastra.com/pantai-watu-ulo-jember/
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *