Wisata Alam Kalibiru, Wisata Baru Favorit Di Kulon Progo

Share Button

Kulonprogo merupakan salah satu Kabupaten di bagian barat Yogyakarta yang memang terkenal dengan wisata-wisata alamnya yang begitu luar biasa indahnya.

Salah satunya yaitu Kalibiru yang ada di Perbukitan Menoreh, diatas ketinggian 450 mdpl yang merupakan wisata alam hutan dengan pemandangan alamnya yang masih alami.

Wisata alam kalibiru begitu diminati banyak wisatawan. Tak heran saat liburan tiba, dapat dipastikan jika wisata ini akan sangat ramai dikunjungi baik anak muda hingga keluarga.

Dari atas puncaknya, anda bisa menyaksikan pemandangan yang begitu indah, dengan deretan perbukitan menorah yang hijau dan subur. Apalagi jika suasananya begitu cerah, tentunya menikmati waktu sejenak di Kalibiru akan terasa menyenangkan.

Mengapa berlibur ke Kalibiru?

kali biru

Walaupun ada banyak wisata alam yang ada di Kota Jogja dengan panorama yang indah di atas bukit hingga berfoto dengan media gardu pandang.

Tetap saja wisata Kalibiru Jogja sangat menawan di kalangan banyak wisatawan. Serasa ada yang kurang saat anda berlibur di Kota Jogja tanpa singgah di Wisata Alam Kalibiru ini.

Kalibiru menawarkan keindahan alam yang begitu hijau khas pegunungan. Jika anda bosan ke tempat liburan yang itu-itu saja, maka Kalibiru bisa menjadi pilihan alternative yang tidak mengecewakan.

Ada sejuta pesona yang dapat anda temukan di wisata yang berada Pegunungan Menoreh ini.

Kalibiru mempunyai udara yang begitu sejuk dan segar, karena sama sekali belum tercemar polusi udara.

Sangat cocok untuk menjadi tempat bersantai bersama teman dan keluarga, menghindari sejenak dari suasana di perkotaan.

Hutan milik pemerintah yang kini dikelola warga sekitar menjadi wisata alam yang begitu memikat keindahannya. 

Apa saja aktifitas selama di Kalibiru

perbukitan menoreh

Berfoto Di Spot-Spot Foto

Aktivitas hits yang sering dilakukan wisatawan adalah berfoto di spot-spot foto unik, salah satunya yaitu di gardu pandang Kalibiru.

Berkembangnya wisata Kalibiru sebenarnya dikarenakan spot foto ini yang menjadi daya tarik utama. Bisa dilihat sendiri di sosial media, banyak wisatawan yang mengunggah foto-foto jepretan dengan latar belakang gardu pandang Kalibiru.

Ditambah lagi dengan pemandangan alam perbukitannya yang mempesona, semakin membuat liburan tak terlupakan. Untuk tariff spot foto disini juga bervariatif mulai dari Rp 10.000-Rp 35.000.

Menikmati Senja

Selain itu, melalui fasilitas gardu panang ini pula juga dipergunakan wisatawan untuk menyaksikan pemandangan alam yang lebih leluasa.

Dengan spot utama yaitu pemandangan Waduk Sermo dari atas ketinggian. Pada saat pagi hari, akan terlihat pemandangan kabut tipis yang menyelimuti sekitar.

Dan ketika senja tiba, anda bisa memandang pemandangan matahari terbenam dengan dihiasi langit berwarna jingga yang mempesona. Jika anda ingin menggunakannya, anda bisa membayar biaya tambahan hanya Rp 10.000.

coffee_kalibiru

Aktivitas Outdoor

Bagi anda yang ingin mencoba menguji adrenalin anda, bisa melakukan aktivitas flying fox dengan rute pilihan 50 m dan 85 m. untuk mencoba permainan ini, pengunjung bisa membayar Rp 10.000/orang saja.

Namun bagi anak-anak hanya dikenakan Rp 5.000. selain itu pengunjung juga bisa melakukan aktivitas lainnya seperti trekking dengan berbagai pilihan medan yang sesuai dengan kemampuan. Untuk rute trekking bisa dipilih mulai dari 1,5km, 3km, 5km, dan 7 km.

Kapan waktu yang tepat untuk mengunjungi Kalibiru

Kapanpun anda bisa mengunjungi wisata Kalibiru ini karena wisata alam ini buka setiap hari.

Akan tetapi waktu yang tepat untuk mengunjungi wisata Alam kalibiru ini adalah ketika  cuaca sedang cerah-cerahnya.

Sehingga anda bisa lebih jelas menikmati pemandangan alam yang begitu hijau dan melakukan berbagai aktivitas menarik di Kalibiru.

Dimana Lokasi Kalibiru

Lokasi wisata alam Kalibiru ini berada di Desa Hargowilis, Kec. Kokap, Kab. Kulonprogo. Jaraknya hanya sekitar 40 km saja dari pusat kota dan berdekatan dengan Waduk Sermo.

Untuk mencapai lokasi wisata, dibutuhkan waktu kurang lebih 1-1,5 jam perjalanan dari kota Jogja. Untuk rute yang digunakan, ada 3 pilihan rute alternative yang bisa anda coba:

Rute Sermo-Kulon Progo

waduk sermo

Untuk rute pertama ini memang banyak digunakan pelancong yang ingin mengunjungi Kalibiru, yaitu dengan menggunakan Jalur Sermo.

Jalur ini memang cukup banyak digunakan karna sepanjang perjalanan anda bisa melihat pemandangan yang begitu indah dari Bendungan Sermo.

Jika anda dari kota Jogja, setelah anda melewati Jembatan Banjar, kurang lebih 3 km nantinya anda bisa menemukan Stasiun Sentolo. Kemudian ikuti arah ke kanan menuju Pengasih dan kemudian ke Wates.

Rute Clereng-Kalibiru

Selain itu melalui rute diatas, anda juga bisa mencoba melalui Clereng dan kemudian ke Kalibiru. Rute ini terbilang lebih mudah dan cepat, bahkan tak seberat saat melalui jalur Sermo.

Untuk rute yang digunakan, anda bisa menggunakan rute Sentolo-Pengasih. Namun sesampainya menemukan perempatan, ambil ke kanan menuju Clereng-Kalibiru.

Jangan sampai terlewat, sekitar 300m nantinya anda akan menemukan jembatan yang berada persis di tikungan. Nantinya 20 meter dari jembatan  terdapt sebuah plang kecil yang menunjukkan arah menuju Kalibiru.

Melalui Malioboro

Jika anda berangkat dari hotel di Jogja, anda bisa melalui Maliboro menggunakan jalur yang menuju Purworejo. Kemudian ikuti saja jalanan tersebut hingga menuju terminal Wates.

Sesampainya disana akan ada penunjuk jalan menuju arah Waduk Sermo. Anda hanya perlu mengikuti rute tersebut.

Mode Transportasi untuk ke Kalibiru

Untuk menuju Kalibiru, akan lebih baik jika anda menggunakan kendaraan pribadi. Akan tetapi karena jalanan yang dilalui cukup menanjak dan berkelok maka akan lebih baik jika menggunakan kendaraan yang ber-cc besar.

Untuk kendaraan umum, belum ditemukan pilihan transportasi umum yang bisa membawa wisatawan yang ingin berkunjung ke Wisata alam Kalibiru.

Apa yang harus dipersiapkan untuk ke Kalibiru

Bagi pengunjung yang ingin mengunjungi Kalibiru, akan lebih baik untuk membawa kendaraan pribadi. Karena jalanan yang dilalui menanjak, maka jangan lupa untuk memeriksakan kendaraan anda. pastikan kondisinya maksimal sehingga perjalanan liburan anda berjalan lancar.

kulonprogo

Jangan lupakan kamera anda untuk mengabadikan momen-momen menarik selama berwisata di Kalibiru. Jika anda ingin menginap jangan lupa untuk booking penginapan sebelumnya, terutama saat musim liburan.

Disini tersedia pondok homestay yang kapasitasnya mencapai 10-15 orang. Untuk harga juga bervariasi mulai dari Rp 120 ribu hingga 125 ribu.

Kuliner khas di Kalibiru

Tak perlu khawatir saat berlibur di wisata Alam Kalibiru, karena ada banyak penjual makanan yang ada di sekitar wisata sehingga anda tidak akan kelaparan.

Mulai dari makanan ringan hingga makanan berat bisa anda santap disini. Sekitar tempat wisata juga sudah tersedia warung yang desainnya mirip seperti kafe dan berada di bagian pintu masuk dekat halaman parkir.

Selain itu terdapat pula warung lesehan yang berada di turunan setelah melewati gardu pandang bukti pertama. Selain itu masih banyak penjaja makanan lainnya yang bisa anda cicipi.

Untuk masalah harga juga tak perlu khawatir karena harga makanan disini sudah cukup terjangkau.

Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *