Wisata Budaya Di Saung Angklung Udjo

Share Button

udjo-logo-yellow-standard-screenAngklung merupakan salah satu alat musik tradisional yang banyak berkembang di derah Sunda atau Jawa bagian barat. Karena keberadaannya yang semakin jarang dikenal dan untuk menjaga agar alat musik ini tetap terjaga, maka angklung masuk dalam daftar karya agung warisan budaya lisan dan nonbendawi manusia dari UNESCO pada November 2010. Tak hanya itu, banyak pula orang-orang yang cinta budaya berusaha untuk melestarikan alat musik khas Sunda ini. Salah satunya adalah Udjo Ngalagena pendiri dari Saung Angklung Udjo. Anda bisa mengajak buah hati anda berlibur di sini sambil mengisi waktu liburan sekolan mereka.

art-performance-660x300Kehadiran Saung Angklung Udjo merupakan upaya atas kepedulian untuk melestarikan budaya Sunda, khusnya Angklung, kepada masyarakat luas. Saung Angklung Udjo (SAU) menyediakan pusat kerajinan bambu dan workshop alat musik bambu sebagai upaya untuk memberikan pendidikan dan pelatihan kepada masyarakat. Selain itu SAU juga menyediakan arena pertunjukan sebagai upaya memperkenalkan budaya Sunda.

udjoUdjo Ngalagena mendirikan SAU bersama dengan istrinya pada tahun 1966. Namun sebelum menjadi SAU mereka hanya sekedar membuat paguyuban kesenian Sunda pada tahun 50-an dengan mengusung bambu sebagai bahan utamanya. Mulai dari alat musik, kursi, hingga panggung pertunjukkannya mengunakan bambu. Dalam membuat pertunjukkan, Udjo menerapkan prinsip Mudah, Murah, Mendidik, Menarik, Masal dan Meriah yang terkenal dengan sebutan Kaulinan Urang Lembur. Ia juga memadukan kesenian Sunda yang atraktif dengan pendidikan. Hasilnya, pertunjukkannya pun diminati semua anak-anak, termasuk juga orang dewasa. Hal inilah yang kemudian menjadi landasannya untuk mendirikan Saung Angklung Udjo.

about-860x300Saung Angklung Udjo berusaha memadukan alam dengan budaya. Terbukti dengan lingkungan yang dipenuhi pohon bambu dan seluruh bangunannya juga terbuat dari bambu, mulai dari elemen interior, dekorasi, dan gemerincing alat musik dari bambu. Tak mengherankan jika SAU memiliki udara yang segar.

IMG_5247-copyDi sini anda dan keluarga tidak hanya melihat pertunjukkan yang rutin digelar, baik oleh internal SAU maupun eksternal. Namun juga anak-anak anda bisa belajar mengenai kesenian Sunda. Mulai dari belajar alat musiknya, Angklung dan Arumba, belajar tari tradisional, pencak silat, wayang, hingga seni karawitan. Jika anak-anak anda menyukai dunia presenter, mereka juga bisa belajar menjadi host di sini. Tempat pendidikan ini bernama Udjo School.

Academy-01Layaknya dunia pendidikan pada umumnya Udjo School juga telah diakui dan diakreditasi. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar dari Udjo School bisa menjadi kemampuan tambahan untuk kehidupan anak-anak anda. Ada dua model pembelajaran yang bisa dipilih di Udjo School, yakni internal dengan jadwal dan tempat yang sudah ditetapkan dan ekternal yang mirip dengan model pengajaran private. Udjo School juga menyedian beasiswa seni dan budaya bagi anak-anak disekitar Saung Angklung Udjo.

produksi-02Di Saung Angklung Udjo, anda dan keluarga bisa melihat produksi berbagai alat musik tradisional, mulai dari Angklung, Arumba, dan calung. Anda juga bisa membeli souvenir khas tempat ini di toko cinderamata. Beragam kerajinan khas Sunda bisa anda beli di sini. Ada pula souvenir untuk pernikahan dan aneka stationery yang bisa anda pilih untuk menemani anda bekerja.

pernikahanJadi tunggu apalagi. Ajak anak-anak untuk mengisi liburan mereka dengan hal yang positif dengan berkunjung ke Saung Angklung Udjo yang beralamatkan di Jl. Padasuka 118, Bandung. Untuk akomodasi, SAU menjalin kerja sama dengan beberapa hotel murah di Bandung, seperti:

Refrensi:

http://www.angklung-udjo.co.id/

Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.