Wisata Kenjeran, Surabaya

Share Button

Pantai Kenjeran adalah pantai yang berada di Surabaya. Terkenal sebagai tempat rekreasi bagi keluarga atau muda-mudi serta terkenal pula dengan jembatan Suramadu nya. Mayoritas penduduk di Kenjeran sendiri beragama islam karena terdapat Pondok Pesantren Al-Fitrah di Kedinding Lor. Penduduknya pun mayoritas Suku Jawa dan Madura karena di daerah Bulak Banteng dan Tambak Wedi sendiri memakai logat Bahasa Madura. Udara pantainya sangat sejuk apalagi saat siang hari anginnya yang berhembus sangat sepoi-sepoi. Tidak hanya menikmati indahnya pemandangan laut dari pinggir pantai saja, anda juga bisa menyusuri selat Madura dengan menaiki perahu yang sudah disediakan oleh petugas setempat. Satu perahu bisa berisi sekitar dua puluhan orang. Bagi yang ingin dan berselancar disini juga dipersilahkan asal cuaca dan keadaan air laut mendukung. Beberapa fasilitas lainnya juga disediakan di sini, selain permainan olahraga juga cedera mata yang ditawarkan dengan harga yang terjangkau.
Di kawasan Kenjeran juga ada Taman Hiburan Pantai atau yang biasanya disebut THT, dikelola oleh Pemerintah Kota Surabaya. Di sini anda bisa menemukan jajanan khas Surabaya seperti lontong kupang, rujak cingur, sate kerang, es dawet, kelepon, putu dan masih banyak lagi. Di sekitar sini juga ada para penjual ikan laut yang segar bahkan yang sudah kering, kerupuk ikan, dan lain sebagainya. Kawasan lainnya yang ada disini seperti Pantai Ria Kenjeran yang biasanya disebut Kenjeran Park, yang sebelumnya didedikasikan tempat wisata anak muda, kini sekarang lebih diarahkan pada wisata keluarga. Di tempat ini pula nantinya akan dibangun Kenjeran Edutainment Park yang difungsikan sebagai wahana bermain dan belajar anak-anak. Di Kenpark sendiri juga terdapat Sanggar Agung atau Hong Shan Tang yang merupakan tempat peribadahan umat Tri Dharma yang diresmikan pada tahun 1999 lalu. Di sanggar ini sendiri anda akan bisa melihat patung Dewi Kwan In yang tingginya mencaai kurang lebih 20meter. Sejak tempat ini diresmikan, banyak pengunjung yang datang kesini. Selain untuk bersembahyang ada juga yang datang untuk sekedar menutup rasa ingin tau. Buka 24jam sehingga anda bisa melakukan seluruh aktifitas disini mulai dari lari pagi atau jalan-jalan di sore hari.
Anda juga tidak perlu khawatir jika ingin mencari penginapan di sekitar sini atau bahkan hotel yang berbintang sekalipun seperti:

Referensi:

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Kenjeran,_Surabaya
  • http://jawatimuran.wordpress.com/2012/06/15/pantai-kenjeran-surabaya/
  • http://objekwisataindo.blogspot.com/2012/04/objek-wisata-pantai-kenjeran-surabaya.html
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *