Yang Antik dan Unik Di Pasar Triwindu Solo

Share Button

pasar-triwinduBarang antik memang memiliki pesonanya tersendiri. Meski terlihat kusam dan kuno namun tak mengurangi daya tarik dari barang tersebut. Bahkan menurut sejumlah orang yang merupakan penggemar dari barang antik, semakin tua usia barang tersebut maka akan semakin unik dan menarik serta memiliki nilai yang semakin tinggi. Nah jika travelers termasuk dalam pecinta barang-barang antik nan unik, maka travelers tidak bisa melewatkan kunjungan ke Pasar Triwindu Solo. Pasar ini mungkin menyediakan barang bekas ataupun loakan, namun bekasnya cukup berkelas dan termasuk kategori antik, mengingat Surakarta sebagai salah satu daerah kesultanan. Dan … Pasar Triwindu Solo lumayan terkenal loh, gak cuma ditingkat wisatawan lokal tapi sampai di mancanegara juga. Jadi kalau ke Solo setelah memborong baju di Pasar Klewer lanjut ke Pasar Triwindu buat berburu beraneka barang anktik nan unik.

depan-pasar-triwinduPasar Triwindu berada di Jalan Diponegoro, Ngarsopuro dan lokasinya berada tak jauh dari Pura Mangkunegara. Sebuah gapura besar bertuliskan nama Pasar Triwindu akan menyambut travelers pertama kali kala tiba di pasar. Kepopuleran pasar ini tidak hanya dikarenakan barang yang ditawarkan namun juga karena keberadaannya yang sudah cukup lama. Pasar rakyat ini mulai dibangun sejak tahun 1939 dengan konsep bangunannya yang masih berbahan dasar kayu. Dan sampai saat ini konsep tersebut masih dipertahankan yang membuat kesan Pasar Triwindu semakin kuno namun unik dan etnik. Karenanya banyak kalangan wisatawan yang sudah mengenal tempat ini untuk memuaskan hasrat mereka dalam berburu barang-barang antik, terutama wisatawan mancanegara. Meski dahulunya pasar ini kumuh, pengap, dan kurang tertata, namun kini tidak dijumpai lagi pemandangan tersebut. Karena semanjak direnovasi bangunan pasar menjadi lebih tertata dan lebih bersih.

pasar triwinduBangunan Pasar Triwindu terdiri dari 2 lantai yang berisi daratan kios yang menjual berbagai barang-barang antik, mulai dari barang-barang kebutuhan sehari-hari hingga sejumlah benda pusaka yang memiliki nilai historis yang tinggi. Masing-masing barang dagangan ini dikelompokkan berdasarkan ukuran dari benda tersebut. Untuk benda-benda yang berfungsi sebagai pajangan berada di lantai 1 dan untuk benda-benda dengan ukuran besar, seperti lemari, tempat tidur, hingga otomotif berada di lantai dua. Karena stock barang antik tidak selalu ada, maka biasanay penjual membuat beberapa replika dari benda-benda antik tersebut. Travelers juga bisa minta dibuat replika benda-benda antik tersebut kepada para penjual yang bentuknya betul-betul mirip dengan aslinya. Tentunya barang antik yang asli dengan replika yang dibuat oleh para penjual memiliki harga yang berbeda. Jika untuk replika travelers bisa dapatkan dengan harga puluhan hingga ratusan ribu, namun untuk yang barang yang asli harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah, bergantung dengan nilai historis dan usia dari barang tersebut.

depan-pasar-triwinduBarang-barang yang ditawarkan oleh para penjual ini didapatkan dari hunting ke sejumlah desa dan perkotaan dimana anggota keluarga ningrat tinggal. Bahkan ada juga dari para abdi dalem yang menjual barang-barang pusaka lantaran terdesak kebutuhan dana tertentu. Kebanyakan para abdi dalem tersebut tidak mengeri harga dari barang pusaka tersebut sehingga bisa ditawar murah. Sementara para pedagang tentunya diuntungkan dengan hal tersebut, terutama jika mereka bisa mendapatkan keris yang memiliki banyak peminat. Dan untuk berbelanja di Pasar Triwindu travelers tak perlu khawatir karena pedagang yang ada di sana cukup ramah. Sehingga travelers tidak perlu ragu untuk melakukan proses tawar-menawar. Dengan lokasinya yang cukup strategis, ada banyak hotel murah di Surakarta yang berada tak jauh dari Pasar Triwindu dan bisa travelers gunakan selama berlibur di Surakarta. Atau kalau mau lebih praktis bisa menggunakan tour di Surakarta (Solo) yang bikin liburan travelers kian mudah dengan biaya murah.

Refrensi:

http://www.kompasiana.com/kinantisekardjagad/pasar-antik-triwindu-solo-terkenal-sampai-mancanegara_54f3a7987455139e2b6c7bd0

Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *