Yang Segar dan Indah Di Gili Iyang

Share Button

gili iyangTravelers lagi sibuk nyusun rencana buat libur akhir pekan besok? Gimana kalau ke Pulau Madura aja. Pulau yang ada di sebelah timur laut Jawa Timur tersebut memiliki keindahan pesona alam yang tak kalah menakjubkan dengan pulau Lombok bukan. Ada sejumlah pulau-pulau kecil atau gili yang mengelilingi Madura. Sebut saja Gili Labak yang menjadi surga snorkeling bagi para penyuka aktivitas menyelam. Kalau travelers sudah mengunjungi dan melihat langsung keindahan Gili Labak, kini waktunya travelers untuk menikmati keindahan Gili Iyang. Masih berada di Kabupaten Sumenep, Gili Iyang menawarkan pesona yang tak kalah indah dengan Gili Labak. Bahkan pulau kecil yang satu ini juga menawarkan banyak hal segar untuk para travelers. Apa sajakah itu? Yuk simak ulasannya sama-sama.

gili iyang2Secara administrasi Gili Iyang masuk dalam kawasan Kecamatan Dungkek, Sumenep. Dari Kabupaten Sumenep, travelers tinggal menuju ke Desa Dungkek yang berjarak sekitar 28 km. Dari Desa Dungkek perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan kapal untuk menuju Gili Iyang dengan lama perjalanan sekitar 45 menit. Sementara untuk berkeliling pulau, travelers hanya bisa menggunakan Dokas atau odong-odong atau kendaraan beroda tiga yang menjadi transportasi masyarakat lokal. Kalau travelers gak pengen pusing memikirkan cara ke Gili Iyang, lebih baik travelers mengikuti Paket Tour Gili Iyang. Dengan budget minim, travelers sudah bisa menikmati keindahan Gili Iyang dengan ditemani guide lokal yang membantu travelers buat mengetahui tempat-tempat keren di Gili Iyang. Selain itu, budget yang traveles keluarin sudah termasuk transportasi pulang-pergi Surabaya-Madura dan juga transportasi untuk menuju dan selama di Gili Iyang. Liburan jadi lebih hemat, aman, dan nyaman, gak pakek ribet.

giliiyangDaya tarik utama pulau ini adalah kandungan oksigennya yang cukup tinggi, bahkan diyakini paling tinggi di dunia. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Balai Besar Teknis Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit atau BBTKLPP Jawa Timur. Dari penelitian tersebut diketahui bahwa kandungan oksigen di Gili Iyang mencapai 21,5% atau di atas rata-rata 20%. Bahkan kandungan oksigen di Gili Iyang lebih tinggi dari pada di Laut Mati yang ada di Yordania. Sementara itu kandungan CO² di Gili Iyang hanya 265 ppm dan tingkat kebisingan hanya 36,5 db. Tak heran jika udara di sekitar Gili Iyang cukup sejuk dan segar. Gili Iyang pun menjadi pulau yang memiliki pengaruh bagus bagi kesehatan. Bahkan dengan kandungan oksigennya yang tinggi membuat usia harapan hidup penduduk Gili Iyang juga tinggi. Mereka cenderung lebih awet muda dan masih cukup kuat. Bahkan ada penduduk yang usianya mencapai 175 tahun. Jadi kalau travelers pengen tertular awet muda, jangan lewatkan buat berkunjung dan liburan ke sini.

tulang pausUdara yang segar dengan kandungan oksigen yang cukup tinggi di Gili Iyang juga disebabkan karena adanya perputaran udara di sekitar laut. Hal ini juga didukung dengan lingkungan pulau yang masih alami dan bersih dengan sejumlah pepohonan hijau yang menghiasi pulau. Jika di Gili Labak di sepanjang pesisir pantainya dihiasi dengan hamparan pasir putih yang cukup luas, maka di sepanjang pantai Gili Iyang dipenuhi dengan batu karang yang menunjukkan ada banyak terumbu karang di sana. Jadi di sini pun travelers bisa bersnorkeling ria menikmati indahnya alam bawah laut Gili Iyang yang masih asri dan alami. Selain itu di bibir pantai juga dipenuhi dengan pohon bonsai yang sengaja di tanam oleh penduduk sekitar. Ada pula tulang belulang ikan paus yang sengaja dibiarkan oleh penduduk. Pantai di Gili Iyang juga cukup unik karena di sini travelers bisa menikmati pemandangan matahari terbit sekaligus matahari terbenam.

gua-mahakarya-gili-iyangGili Iyang juga dianugrahi dengan banyaknya goa. Kurang lebih ada sekitar 17 goa yang ada di pulau ini. Misalnya saja goa mahakarya yang memiliki luas hingga 800 m² dan 7 ruang yang cukup luas. Jadi gak perlu takut udara di sini pengap. Saking luasnya travelers juga bisa bermain bulu tangkis di sini. Goa ini juga memiliki ornamen stalaktit dan stalakmit yang unik banget. Kemudian ada goa air yang memiliki kedalaman sampai 150 meter dan juga sumber mata air tawar, padahal lokasinya berdekatan dengan pantai. Unik bukan. Di bulan Ramadhan para anak muda Gili Iyang kerap ngabuburit di Goa Syariah. Sementara para leluhur, dulunya suka bertapa di goa petapa kelompang. Dan masih banyak lagi goa-goa yang lainnya yang bisa travelers jelajah di Gili Iyang.

gili iyang1Keramahan yang ditawarkan penduduk sekitar akan semakin melengkapi liburan kamu di Gili Iyang. Ada beberapa hal yang perlu travelers siapkan untuk berlibur di Gili Iyang. Salah satunya adalah power bank buat menjamin baterai gagdet kamu tetap bisa terisi penuh. Sebagaimana di Gili Labak, di Gili Iyang pun belum ada aliran listrik. Masyarakat masih menggunakan lampu TL dengan aki sebagai sumber tenaga dan juga lampu minyak untuk penerangan di malam hari. Hanya sedikit warga yang mulai menggunakan panel surya untuk kehidupan sehari-hari. Tidak adanya listrik tidak menghalangi kalian travelers buat mengeksplor keindahan Gili Iyang. Karena dengan semua pesona keindahannya akan membuat kalian lebih bersemangat dan lebih segar lagi menjalani hari kalian usai berkunjung ke sini. Yuk bareng-bareng ke Gili Iyang 🙂

Refrensi:

Nikmati Kesegaran Alam Pulau Gili Iyang Sumenep.

Share Button
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *